Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Targetkan Investasi Rp7 Triliun Sepanjang 2023, Ini Strategi Makassar

Penanaman modal asing di Makassar diproyeksi bisa lebih dari Rp2,5 triliun pada semester II/2023.
Investasi pembangunan jalan tol baru dan peningkatan jalan tol yang telah dioperasikan di Makassar./Bisnis-Paulus Tandi Bone.
Investasi pembangunan jalan tol baru dan peningkatan jalan tol yang telah dioperasikan di Makassar./Bisnis-Paulus Tandi Bone.

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar tengah memacu investasi yang sepanjang tahun ini ditargetkan Rp7 triliun. Salah satu yang dijadikan tumpuan realisasi investasi yakni penanaman modal asing (PMA) yang diproyeksi bisa lebih dari Rp2,5 triliun pada semester II/2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar Zulkifli Nanda mengatakan, salah satu PMA yang diproyeksi akan masuk pada realisasi investasi tahun ini adalah proyek pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) Makassar.

Meskipun belum ada pemenang tendernya, proyek senilai Rp2,5 triliun ini dipastikan akan didanai oleh pemodal asing, karena dari tiga calon investor yang menjadi kandidat, semuanya berasal dari China.

"Kita harap proyek PSEL itu segera dibangun supaya catatan realisasi investasi kita semakin baik, terutama dari penanaman modal asing. Kita proyeksikan, PMA akan lebih dari Rp2,5 triliun," ungkapnya, Rabu (30/8/2023).

Selain berharap melalui PSEL, pemerintah kota juga tengah berupaya menggaet para pemodal asing melalui inspeksi ke beberapa perusahaan luar negeri untuk segera melaporkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM)-nya. 

Melalui inspeksi ini, diharapkan catatan realisasi PMA semakin baik, pasalnya Zulkifli menduga masih ada banyak investor asing yang belum melaporkan LKPM-nya.

"Selain upaya tadi, kami juga baru saja melaksanakan temu investasi Makassar yang mengundang 10 negara sahabat. Di pertemuan itu kita sudah mempresentasikan iklim investasi Makassar yang mudah dan nyaman, sehingga sekarang tinggal kita tunggu negara mana saja yang tertarik," jelas Zulkifli.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengungkapkan, pihaknya akan lebih gencar lagi mendorong investasi di kota ini pada sisa tahun 2023. Selain itu pelaporan LKPM dari beberapa perusahaan juga akan lebih dipantau guna memperbaiki catatan realisasi investasi Makassar.

Pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang kurang lebih 100 perusahaan untuk melakukan pembimbingan LKPM supaya catatan mereka jelas. Dari beberapa perusahaan ini, dia berharap akan ada realisasi hingga mencapai Rp4 triliun.

"Kita juga akan melakukan pengawasan LKPM ini. Selain itu bagaimana kita juga akan memberi kemudahan perizinan seperti penerbitan aturan investasi dan turun langsung ke perusahaan-perusahaan supaya investor tertarik datang ke Makassar," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler