Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir dan Longsor Landa Mongondow, Tak Ada Korban Jiwa

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara sejak Senin (10/7/2023) dini hari, berakibat banji
Ilustrasi (1/7/2023). ANTARA/HO-Dok BPBD Aceh Baratrnrn
Ilustrasi (1/7/2023). ANTARA/HO-Dok BPBD Aceh Baratrnrn

Bisnis.com, JAKARTA -- Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara sejak Senin (10/7/2023) dini hari, berakibat banjir dan longsor melanda beberapa desa di wilayah tersebut. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Boltim, Elfis Siagian menjelaskan, petugas di lapangan masih melakukan pendataan jumlah korban terdampak, tetapi belum ada informasi korban jiwa.

Dia menuturkan eberapa desa yang terdampak antara lain Desa Nuangan 1, Molobog, Motongkad, dan Jiko di Kecamatan Nuangan. 

“Tidak ada laporan korban jiwa sejauh ini, hanya ada satu ternak sapi yang mati,” jelasnya melalui keterangan resminya, Selasa (11/7/2023).

Elfis juga menjelaskan bencana banjir dan tanah longsor yang kerap terjadi di wilayahnya diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi, meluapnya air sungai karena terbatasnya kapasitas tampung sungai, belum tersedianya bangunan tanggul pengendali banjir, belum dibuatnya tanggul penahan tanah dan terganggunya daerah resapan air di bagian hulu dan sepanjang aliran sungai akibat pertambangan emas dan alih fungsi lahan.

Akibat banjir dan longsor ini jalan Nasional yang melintasi wilayah tersebut sempat terputus, namun telah dilakukan pembersihan oleh petugas dan sudah dapat dilewati kendaraan kembali. 

Hingga hari Selasa (11/7/2023), Bupati Boltim Sachrul Mamonto, Sekda, bersama BPBD dan perangkat daerah terkait, turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan kondisi terkini.

Petugas juga terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penanganan darurat khususnya untuk pembersihan material longsor dan pohon tumbang.

“Ada satu jalan yang masih dilakukan penanganan, yakni di jalan Lanud di Kecamatan Modayag,” imbuhnya 

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi prakiraan cuaca melalui laman websitenya. Untuk wilayah Sulawesi Utara, waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa Utara, Monahassa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sitaro dan Kepulauan Talaud untuk Selasa (11/7/2023) dan Rabu (12/7/2023).

Merespon adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi potensi risiko yang dapat terjadi. Masyarakat juga diimbau untuk waspada apabila curah hujan tinggi dengan durasi diatas satu jam, serta menghindari area lereng yang berpotensi longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler