Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Aksi Hari Buruh di Makassar Dibubarkan, 5 Orang Ditangkap

Lima orang yang ditangkap diduga sebagai penyusup dan bagian dari kelompok anarko.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 01 Mei 2023  |  20:57 WIB
Aksi Hari Buruh di Makassar Dibubarkan, 5 Orang Ditangkap
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Aksi demonstrasi oleh puluhan mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Perjuangan Demokratik di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam memperingati Hari Buruh dibubarkan oleh aparat kepolisian. Lima orang diantaranya yang diduga sebagai penyusup, ditangkap.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, sekelompok mahasiswa tersebut dibubarkan karena tidak ada pemberitahuan ke pihak kepolisian terkait aksi yang mereka lakukan, sehingga pihaknya memiliki wewenang untuk melakukan pembubaran.

"Tadi ada saudara-saudara kita dari Papua, mereka turun tidak ada pemberitahuannya, jadi kita punya kewenangan melakukan pembububaran. Tapi kita instruksikan mereka untuk bubar secara persuasif," ungkapnya, Senin (1/5/2023).

Sementara lima orang yang ditangkap, dikatakan Ngajib bukan bagian dari mahasiswa, melainkan penyusup dari kelompok Anarko. Hal ini dibuktikan dengan aksi vandalisme yang mereka lakukan di beberapa trotoar Jalan AP Pettarani Makassar.

"Ada beberapa yang kita ambil itu bukan dari kelompoknya mereka (mahasiswa). Jelas-jelas dari Anarko yang tadi kita buktikan mereka membuat vandal, itu yang kita amankan ada lima," paparnya.

Kelima orang yang ditangkap tersebut dibawa langsung ke Mapolrestabes Makassar untuk diperiksa lebih jauh. Jika terbukti melakukan pelanggaran pidana, mereka akan diberikan hukuman tegas.

"Kalau memang ada pelanggaran pidananya kita langsung tindak tegas, nanti kita cek lagi. Kita hanya mengamankan dulu mereka yang kita duga sebagai kelompok Anarko," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

may day hari buruh
Editor : Ajijah

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Terpopuler

    Banner E-paper
    back to top To top