Anggaran Rp71 Miliar untuk Renovasi Total Lapangan Karebosi Makassar

Lapangan ikonik ini akan dilengkapi jogging track elevated hingga fasilitas pendukung untuk pembinaan sepak bola usia dini.
Desain terbaru Lapangan Karebosi Makassar./Pemkot Makassar
Desain terbaru Lapangan Karebosi Makassar./Pemkot Makassar

Bisnis.com, MAKASSAR - Salah satu lokasi ikonik di Kota Makassar, Lapangan Karebosi akan mulai direnovasi total tahun ini dengan anggaran mencapai Rp71 miliar. Pemerintah kota akan menyulapnya menjadi kawasan olahraga modern dengan pembangunan jogging track elevated atau melayang hingga fasilitas pendukung untuk pembinaan sepak bola usia dini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Andi Pattiware mengatakan desain jogging track akan berbentuk angka 8 dengan konsep elevated yang membuat masyarakat bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian sambil berolahraga.

Di bagian bawahnya akan dilakukan rehabilitasi lapangan sepak bola, lapangan softball, penambahan beberapa lapangan mini soccer dan fasilitas pendukung terutama untuk pembinaan sepak bola usia dini.

"Semua fasilitas di sana bakal direnovasi total, semuanya tersentuh renovasi. Terutama area joging track dengan konsep elevated yang akan menambah sentuhan ikonik lapangan ini," kata Andi Pattiware, Jumat (10/03/2023).

Dia menambahkan, anggaran renovasi telah disepakati dalam kontrak kerja multiyears yang mana alokasi pengerjaannya pada 2023 mencapai Rp50 miliar dan dilanjutkan pada 2024 sebesar Rp21 miliar. 

Berkas tendernya pun sudah masuk ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkot Makassar sehingga proses selanjutnya tinggal menunggu siapa pemenang tender lalu siap memulai konstruksi fisiknya.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kota Makassar Muh Dasysyara Dahyar mengungkapkan jika Lapangan Karebosi yang telah dikenal sebagai alun-alun Kota Makassar merupakan lokasi penting bagi masyarakat. Bukan hanya ativitas olahraga yang ada di dalamnya, melainkan juga pusat pertemuan yang diibaratkan wajahnya Makassar.

Oleh karena itu mengatakan pengerjaannya tidak boleh asal-asalan yang bisa berpotensi menimbulkan permasalahan di masa depan.

"Jadi sebelum pengerjaan fisik dilakukan, kami pastikan semua permasalahan yang ada diselesaikan dulu baru kemudian dimulai. Tetapi intinya tahun ini pembangunannya," ucapnya.

Diketahui pada 2022 lalu desain untuk renovasi lapangan ini sebenarnya sudah ada dengan anggaran senilai Rp17 miliar. Namun karena angka tersebut dinilai belum mampu merenovasi total lapangan, maka besarannya baru disepakati lagi oleh DPRD Makassar pada 2023 ini sebesar Rp71 miliar dengan kontrak kerja multiyears.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper