Pabrik Porang di Bulukumba Dongkrak Semangat Budi Daya

Sejak beroperasi, sebanyak 4 kontainer porang yang sudah diolah di pabrik, selanjutnya dikirim ke Surabaya untuk tujuan ekspor ke China.
Pabrik pengolahan porang PT Aroma Aksiri Celebes di Kabupaten Bulukumba, Sulsel./Antara-PT Asiri.
Pabrik pengolahan porang PT Aroma Aksiri Celebes di Kabupaten Bulukumba, Sulsel./Antara-PT Asiri.

Bisnis.com, BULUKUMBA - Kehadiran pabrik porang menggairahkan produksi para petani di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), karena tersedia pabrik yang siap mengolah hasil porang setempat.

"Ini tentu menjadi kabar gembira bagi petani porang, karena sudah ada pabrik pengolahannya," kata Direktur Aroma Aksiri Celebes Gusti, di Kabupaten Bulukumba, Minggu (5/2/2023).

Dia mengatakan, pabrik pengolah porang tersebut berada di Desa Polewali, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba.

Pabrik porang yang dikelolanya itu sudah beroperasi sejak Agustus 2021 lalu, namun karena masih pandemi Covid-19 belum leluasa mengembangkannya.

Menurut dia, sejak keberadaan pabrik pengolah porang itu sudah menerima sekitar 500 ton porang produksi petani Bulukumba.

"Sejak beroperasi, sebanyak 4 kontainer porang yang sudah diolah di pabrik, selanjutnya dikirim ke Surabaya untuk tujuan ekspor ke China," katanya pula.

Dengan adanya pabrik porang itu, Gusti berharap kepada petani Bulukumba untuk tetap berbudidaya porang, sebab sudah ada pabrik yang siap mengolah porang di Bulukumba.

Salah seorang petani porang di Bulukumba Zainuddin mengatakan, sejak ada pabrik pengolah porang, warga di Bumi Panrita Lopi ini semakin bersemangat untuk membudidayakan porang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper