Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KA Sulsel Beroprasi Perdana 29 Oktober 2022

Rute perdana dari Garongkong di Kabupaten Barru menuju Mangilu di Kabupaten Pangkep.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 26 Oktober 2022  |  10:53 WIB
KA Sulsel Beroprasi Perdana 29 Oktober 2022
Suasana pembangunan rel dan infrastruktur kereta api Sulawesi Selatan dalam proses pembangunan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (28/6/2022). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — Kereta Api (KA) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melalukan uji coba pengoperasian perdana pada 29 Oktober 2022.

Rute perdana ini akan dioperasikan dari Garongkong di Kabupaten Barru menuju Mangilu di Kabupaten Pangkep dengan jarak sekitar 50 kilometer (km).

Uji coba akan dilakukan bertahap hingga nantinya KA bisa menghubungkan Makassar - Parepare.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah menjelaskan, rute pada awal November nanti akan ditambah dari Garongkong ke Kabupaten Maros. Jaraknya menjadi 70 km.

Di tahap uji coba ini KA rencananya akan beroperasi sekali seminggu dan tidak dipungut biaya sama sekali bagi masyarakat yang ingin menaiki.

"Jadi nanti kalau ada yang berminat, nanti didaftar, dicatat, lalu difasilitasi oleh teman-teman balai. Itu gratis," ungkap Arafah, Selasa (25/10/2022).

Peda uji coba pertama, KA yang beroperasi akan menggunakan dua gerbong modifikasi dengan kapasitas 80 - 100 penumpang. Gerbong baru sendiri rencananya akan tiba di akhir tahun ini.

"Januari itu gerbongnya sudah dipakai yang baru. Kalau yang baru kami belum dapat info berapa kapasitas penumpang," kata Arafah.

Dia juga mengatakan jika KA akan diintegrasikan dengan kendaraan pengumpan untuk memudahkan masyarakat menjangkau stasiun yang ada.

"Kami beserta Dishub kabupaten encana ada layanan terintegrasi, mungkin salah satunya Teman Bus yang akan berpartisipasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top