Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

92 Persen Merchant QRIS Sulsel adalah UMKM

Sulsel menjadi provinsi dengan jumlah pengguna QRIS terbanyak di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua).
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 23 Oktober 2022  |  22:15 WIB
92 Persen Merchant QRIS Sulsel adalah UMKM
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Indonesia (BI) merilis merchant QRIS di Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga 7 Oktober 2022 mencapai 731.203 merchant. Dari angka tersebut, 92 persen diantaranya adalah pelaku UMKM.

Sementara masyarakat pengguna QRIS di wilayah ini sampai akhir Agustus 2022 tercatat sebanyak 369.598 pengguna. Angka tersebut menjadikan Sulsel sebagai provinsi dengan jumlah pengguna QRIS terbanyak di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua).

"Secara nasional, Sulsel menjadi pengguna QRIS terbanyak ke-11 di Indonesia," ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanarko, Minggu (23/10/2022).

Dia memaparkan, BI Sulsel terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi pembayaran digital kepada para pelaku UMKM, pedagang pasar tradisional, maupun masyarakat umum.

Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan program pasar Sehat, Inovatif, Aman Pakai (S.I.A.P) QRIS yang merupakan kolaborasi Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan.

Saat ini pembayaran menggunakan QRIS telah berhasil diimplementasikan di berbagai sektor ekonomi yang bersifat massal seperti pasar, mall, transportasi, dan pariwisata di Sulsel.

"Capaian pengguna QRIS ini tentu merupakan bentuk sumbangsih Sulsel dalam mencapai target nasional 15 juta pengguna baru QRIS pada 2022," ungkapnya.

BI Sulsel juga berkomitmen untuk terus mendorong transformasi pembayaran digital di Sulsel. Selain digitalisasi UMKM dan implementasi QRIS, beberapa program kerja utama yang telah dilaksanakan oleh BI Sulsel antara lain perluasan ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) melalui TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah).

Selain itu ada juga upaya elektronifikasi pembayaran moda transportasi, hingga transformasi penyaluran bansos menjadi nontunai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

QRIS Bank Indonesia
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top