Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Tuntaskan Penanganan Jalan Daerah

Ruas Boro Kabupaten Jeneponto telah 100 persen, sementara Ruas Minasatene Kabupaten Pangkep telah 56 persen.
Ruas jalan Boro Kabupaten Jeneponto/Pemprov Sulsel
Ruas jalan Boro Kabupaten Jeneponto/Pemprov Sulsel

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menuntaskan penanganan ruas jalan Boro Kabupaten Jeneponto. Sementara di Kabupaten Pangkep, Ruas Minasatene realisasi fisiknya telah mencapai 56 persen.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan ruas jalan Boro yang berada di Desa Rumbia, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto itu telah ditangani sepanjang 2,7 kilometer (km) dari APBD Tahun Anggaran 2022.

"Alhamdulillah, 100 persen realisasi fisik pengerjaan preservasi ruas jalan Boro yang berada di Desa Rumbia. Kini masyarakat bisa menikmati manfaat dari pengaspalan jalan ini," ungkap Andi Sudirman, Selasa (27/9/2022).

Jalur ini merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Wilayah Kabupaten Gowa, Kabupaten Bantaeng dengan Kabupaten Jeneponto tanpa melalui jalan nasional.

Penuntasan jalan ini dikatakan Andi Sudirman akan mendukung distribusi produk pertanian dari dataran tinggi. Serta mendukung akses ke destinasi wisata lokal.

"Kita harap jalan ini akan memudahkan mobilitas masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Sementara rekonstruksi ruas Minasatene meliputi Pangkep - Matojeng - Tondongkura - Batas Maros di Kabupaten Pangkep telah memasuki tahapan pengecoran badan jalan. Presentase pengerjaannya mencapai 56 persen.

"Saat ini memasuki tahapan pengecoran pada badan jalan (Rigid). Rencananya penanganan ruas ini pada 2022 dilakukan dengan pengaspalan dan perkerasan beton semen," jelas Andi Sudirman.

Ruas Ini menjadi salah satu fokus pemerintah mengingat ruas ini termasuk kategori LHR tinggi dan rusak berat. Dengan penanganan ruas ini, juga mendukung akses ruas Parigi - Bungoro.

Ruas ini menghubungkan daerah terisolir Bungoro kabupaten Pangkep dengan Parigi Kabupaten Bone, dengan harapan dapat membuka pintu pintu ekonomi baru pada wilayah terdampak.

Adapun penanganan tahun ini sepanjang 4,350 km dan lebar 7 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper