Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ZTE Siap Hadirkan Layanan 5G Di Seluruh Sulawesi

Dari sisi infrastruktur, ZTE telah siap mengembangkan jaringan 5G tahun ini, tinggal menunggu permintaan pelanggan.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 07 September 2022  |  14:54 WIB
ZTE Siap Hadirkan Layanan 5G Di Seluruh Sulawesi
Project Direktur PT ZTE Indonesia Wilayah Sulawesi dan Papua Maluku (Puma) Liu Tao (baju biru) saat meresmikan kantor ZTE di Makassar. - ZTE
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — Perusahaan teknologi telekomunikasi PT ZTE Indonesia siap mengembangkan layanan jaringan 5G di seluruh Sulawesi. Bahkan dari sisi infrastruktur, mereka telah siap mengembangkannya tahun ini.

Project Direktur PT ZTE Indonesia Wilayah Sulawesi Harry Pelafu mengatakan, pihaknya tinggal menunggu pihak provider untuk kesepakatan pengembangan tersebut. Jika telah ada kesepakatan pengembangan, pihak ZTE bisa langsung menindaklanjutinya.

"Customer kami di Sulawesi ini kan Telkomsel. Nah kalau pihak customer kami mintanya layanan 5G, kami siap," ungkap Harry saat peresmian kantor ZTE di Makassar, Rabu (7/9/2022).

Dia menerangkan saat ini pihaknya dan Telkomsel sedang mengembangkan layanan 4G hingga ke pelosok. Untuk progres jaringan 4G telah diaktifkan lebih dari 2.000 titik hingga menyasar daerah desa maupun pelosok di area Sulawesi.

"Kita kasih support, dan punya tim lengkap semua untuk untuk support trouble shooting (masalah jaringan) di lapangan. Kita ada di setiap kota, jadi kalau diminta support masalah ganguan jaringan, kita selalu siap. Progresnya sampai sekarang sudah lebih 2.000 titik bisa dia akses jaringan 4G," katanya.

Sementara Project Direktur PT ZTE Indonesia Wilayah Sulawesi dan Papua Maluku (Puma) Liu Tao mengatakan ZTE berkomitmen membantu pemerintah dalam menyediakan layanan komunikasi dan internet hingga ke pelosok negeri dengan bekerja sama provider penyedia jasa jaringan komunikasi.

"Untuk Telkomsel di Sulawesi, kita sudah support sejak 2010 di Manado, Palu dan terus berkembang di hampir seluruh Sulawesi," ujarnya.

Dia menjelaskan, dukungan layanan telekomunikasi terus berlanjut di hampir semua daerah Pulau Sulawesi, dengan mengembangkan level lebih tinggi gratenya mulai jaringan 2G, 3G, dan 4G. Bahkan sekarang sudah siap untuk jaringan 5G.

Hal ini dilakukan demi memudahkan masyarakat mengakses jaringan komunikasi dan internet di tengah perkembangan teknologi digitalisasi.

Liu Tao mengatakan, PT ZTE berbasis di China telah banyak bekerja sama dengan beberapa negara dan saat ini sudah ada 160 negara di dunia untuk mendukung Mobile Network, Fixed Network , Bearer Network, Core, dan lainya. Di Indonesia, perusahaan telah menjalin kerja sama dengan pemerintah serta mendukung operator besar seperti PT Telkom, Telkomsel, Indosat, Smartfren, Indosat, XL,  Moratelindo, MNC dan LinkID .

Selain Sulawesi dan kantor pusat ZTE Indonesia di Jakarta, kantor wilayah lain juga disiapkan seperti wilayah Pulau Kalimantan di Balikpapan dan Banjarmasin, Pulau Sumatera di Medan dan Pulau Jawa yakni di Semarang, Bandung dan Surabaya untuk menunjang kelancaran kinerja perusahaan.

Bahkan penambahan area juga lakukan seperti di Ambon, Timika Sorong, Jayapura sejak 2018 dan di Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan sejak 2020 sampai sekarang.

"Dengan hadirnya kantor baru wilayah ZTE ini ke depan layanan akan lebih ditingkatkan yang berkoneksi dengan jaringan telekomunikasi dapat lebih baik di masa mendatang," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi sulsel teknologi 5G
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top