Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rencana Pelindo Jadikan Pelabuhan Paotere Seperti Sunda Kelapa

Pelindo ingin pelabuhan ini bukan hanya sebagai tempat bersandarnya kapal, namun juga sebagai tempat wisata.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  23:47 WIB
Rencana Pelindo Jadikan Pelabuhan Paotere Seperti Sunda Kelapa
Sejumlah kapal Pinisi dan truk pengangkut barang terlihat menganggur akibat tidak ada muatan barang terlihat dari udara di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (10/4/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelindo berencana mengubah Pelabuhan Rakyat Paotere di Makassar menjadi destinasi wisata baru. Paotere akan disulap tak ubahnya seperti Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta.

General Manager Pelindo Regional 4 Makassa Suhadi Hamid mengatakan pihaknya ingin pelabuhan ini bukan hanya dikenal sebagai tempat bersandarnya kapal antar pulau, namun juga dikenal sebagai tempat wisata budaya.

Banyaknya Kapal Pinisi yang bersandar di Paotere menjadikan pelabuhan ini memiliki prospek potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata seperti di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Namun Suhadi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasibterlebih dahulu kepada Pemerintah Kota Makassar sebagai pemilik aset Pelabuhan Paotere. Jika Makassar Pemkot Makassar berkenan, pihak Pelindo siap mengubah wajah Paotere.

"Pembenahan Paotere supaya wisatawan yang berkunjung ke Makassar bukan hanya tahu Toraja atau Benteng Rotterdam. Selain Makassar New Port dan CPI, saya juga ingin Paotere dikenal luas," ungkapnya, Kamis (18/8/2022).

Pelabuhan Rakyat Paotere sendiri merupakan pelabuhan warisan Kesultanan Gowa Tallo sejak abad ke-14 yang masih bertahan hingga saat ini.

Pelabuhan ini sekarang masih dipakai sebagai pelabuhan perahu-perahu rakyat seperti Pinisi dan Lambo. Paotere juga menjadi pusat niaga nelayan, dimana di sepanjang jalan di pelabuhan berjejer toko-toko yang menjual berbagai macam jenis ikan kering dan perlengkapan nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top