Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5.837 Narapidana Sulsel Dapat Remisi, 122 Orang Langsung Bebas

Narapidana yang mendapat Remisi Umum I (RU I) sebanyak 5.715 orang dan yang dinyatakan langsung bebas sebanyak 122 orang.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  20:47 WIB
5.837 Narapidana Sulsel Dapat Remisi, 122 Orang Langsung Bebas
Ilustrasi narapidana. - Jibi
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Memperingati hari ulang tahun ke-77 kemerdekaan Indonesia, sebanyak 5.837 orang narapidana di Sulawesi Selatan (Sulsel) memperoleh remisi atau pengurangan masa kurungan.

Terdiri dari Remisi Umum I (RU I) sebanyak 5.715 orang dan yang mendapat Remisi Umum II (RU II) atau dinyatakan langsung bebas sebanyak 122 orang.

Gunernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berharap para Narapidana yang telah kembali dan diterima di masyarakat agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Alhamdulillah, ada yang mendapatkan remisi, remisi bebas langsung juga ada, kita berharap mereka kembali ke masyarakat, diterima di masyarakat dan menjadi lebih baik,” kata Andi Sudirman, Kamis (18/8/2022).

Dia menyampaikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM Sulsel serta Lembaga Permasyarakatan tentunya telah membekali dan menyiapkan para narapidana untuk kembali menjadi anggota masyarakat.

“Saya yakin Kemenkumham Sulsel terutama di Lapas Sulsel ini memberikan binaan yang lebih baik bagaimana mendekatkan kembali dengan masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulsel Liberti Sitinjak menyampaikan pemberian remisi merupakan kebijakan responsif sekaligus komitmen untuk melakukan penataan dalam rangka meningkatkan kinerja layanan publik ke depan, khususnya kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan.

Liberti berpesan kepada seluruh Narapidana yang kembali ke masyarakat untuk tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum.

“Bagi Narapidana yang bebas hari ini, berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum, kembalilah kepada keluarga dan jadilah anggota masyarakat yang baik ,” ujarnya.

Kepala Lapas Kelas I Makassar Hernowo menyampaikan para narapidana yang dinyatakan langsung bebas telah mengikuti proses pembinaan dengan baik, serta berkelakukan baik selama dalam lapas.

Dia menyebutkan, saat ini Lapas Kelas I Makassar menampung 942 Narapidana dewasa laki-laki. Dengan 544 memperoleh remisi umum I dan 8 orang memperoleh remisi umum II.

“Di sini khusus untuk Narapidana laki-laki dewasa dengan jumlah 942 orang, 544 hari ini memperoleh remisi umum I dan 8 orang memperoleh remisi umum II,” sebutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel remisi kemenkumham
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top