Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejuta Orang Bakal Mudik ke Sulsel

Euforia masyarakat tinggi untuk melaksanakan mudik.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 26 April 2022  |  10:10 WIB
Penumpang kapal laut saat akan berangkat dari Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/4/2022). PT Pelindo Regional 4 menargetkan arus penumpang kapal diseluruh pelabuhan regional 4 mengalami pertumbuhan diatas 5 persen seiring dengan pelonggaran arus mudik. - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Penumpang kapal laut saat akan berangkat dari Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/4/2022). PT Pelindo Regional 4 menargetkan arus penumpang kapal diseluruh pelabuhan regional 4 mengalami pertumbuhan diatas 5 persen seiring dengan pelonggaran arus mudik. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemudik yang pulang ke Sulawesi Selatan diperkirakan mencapai satu juta orang, sekitar 450.000 orang diprediksi melalui jalur laut.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman berharap sinergitas bersama seluruh lintas sektoral meningkatkan pengamanan dan pengawalan. "Agar terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama pelaksanaan mudik di Sulsel," tuturnya dikutip dari rilis, Selasa (26/4/2022).

Andi Sudirman mengatakan mpenerapan prokes harus tetap dilakukan meski kasus Covid-19 melandai. Selain itu, diharapkan kesadaran bersama agar masyarakat tetap mematuhi aturan selama pelaksanaan mudik.

"Tentu euforia masyarakat tinggi untuk melaksanakan mudik. Apalagi ini menjadi tahun pertama pelaksanaan mudik selama pandemi Covid-19," jelasnya.

Dia juga berharap pemudik menjaga kesehatan dan fisik sebelum melaksanakan perjalanan perjalanan. "Tetap jaga aman, imun dan senantiasa berdoa semoga kita selalu diberi kesehatan dan keamanan dalam menjalankan aktivitas," harapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana berharap agar seluruh lintas sektoral saling berkoordinasi dalam membentuk kesiapsiagaan menjelang pelaksanaan dan pasca Idul Fitri.

Menurutnya masyarakat yang akan mudik ke Sulsel, berkisar 1 juta orang, 450.000 orang melalui jalur laut.

“Adapun operasi Ketupat tahun ini akan dilaksanakan selama 12 hari dimulai tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022, dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H," jelasnya.

Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 5.400 personel gabungan, dari Polri, TNI, serta instansi terkait. Diantaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Basarnas dan instansi lainnya.

Dalam memberikan layanan ke masyarakat, pihaknya pun turut membangun 45 pos pengamanan, 33 pos pelayanan dan 6 pos terpadu. Selain itu dilakukan pula pengamanan di beberapa titik lokasi wisata, terminal, pelabuhan, bandara dan lainnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulawesi selatan Mudik Lebaran

Sumber : Pemprov Sulsel

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top