Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pesisir Biringkassi Jadi Lokasi Coastal Clean Up dari Semen Tonasa

PT Semen Tonasa ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melaksanakan kegiatan Coastal Clean Up senagai rangkaian jelang Presidensi G20
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 13 Maret 2022  |  08:22 WIB
Aktivitas Coastal Clean Up oleh Semen Tonasa di Pesisir Biringkassi, Sulawesi Selatan.  -  IST
Aktivitas Coastal Clean Up oleh Semen Tonasa di Pesisir Biringkassi, Sulawesi Selatan. - IST

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Semen Tonasa menggelar aksi coastal clean up atau bersih-bersih di pesisir pantai Biringkassi, Desa Bulu cindea, Kecamatan Bungoro.

Pelaksanaan  yang melibatkan masyarakat dan dunia usaha yang peduli terhadap kelestarian pesisir dan laut ini, bertujuan memberikan kesempatan bagi masyarakat dan seluruh stakeholder untuk dapat berpartisipasi dalam kampanye pengendalian pencemaran pesisir dan laut, serta sebagai upaya untuk mengajak masyarakat menjaga lingkungan pantai.

Sebanyak 8 perusahaan yang ditunjuk secara nasional sebagai pelaksana kegiatan ini. Yaitu PT Semen Tonasa, PT Pembangkitan Jawa Bali, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java, PT Indonesia Power Unit Jasa Pembangkitan Jabar 2 Pelabuhan Ratu, PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali Unit Pesanggaran, PT PLN Unit PLTU Barru, PT Pupuk Sriwijaya serta PT Badak NGL.

GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Said Chalik yg juga penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan perseroan terhadap KTT G20 yang bertempat di Bali pada Oktober tahun ini.

"PT Semen Tonasa ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai 1 di antara 8 perusahaan di Indonesia yang melaksanakan kegiatan Coastal Clean Up atau bersih-bersih pantai. Dalam hal ini kami memilih area Mangrove dan laut dangkal di Pantai Biringkassi untuk dilakukan pembersihan," ucapnya dalam keterangan, Minggu (13/3/2022).

Ia berharap, dengan pantai yang bersih, dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung, yang tentu dapat meningkat perekonomian masyarakat.

Coastal clean up di pesisir pantai Biringkassi tidak hanya melibatkan manajemen Semen Tonasa, tetapi juga melibatkan sejumlah stakeholder, terkhusus pemerintah desa setempat.

"Selain melibatkan karyawan, kami juga berkolaborasi dgn Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi-Maluku, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Prov. Sulawesi Selatan, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pangkep, serta Pemerintah Desa Bulu Cindea dan masyarakatnya," tambahnya.

Kepala Desa Bulu Cindea, Made Ali mengaku jika kegiatan ini sangat bermanfaat, pihaknya berterima kasih kepada pihak PT Semen Tonasa yang telah menjadikan pesisir Biringkassi sebagai lokasi aksi bersih bersih pantai.

"Terima kasih Semen Tonasa, Kegiatan ini sangat bermanfaat karena menjadi motivasi bagi masyarakat kami untuk terus peduli lingkungan, dan tentu sangat positif bagi pembangunan di desa bulu Cindea," singkat Made Ali.

Aksi bersih bersih sampah ini PT Semen Tonasa mengerahkan empat unit perahu jolloro milik masyarakat setempat serta motor pengangkut sampah. Sampah yang didapatkan langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) oleh armada pengangkut dari KLLP PT Semen Tonasa serta pengangkut sampah dari Forum Kelurahan Sapanang, Kelurahan Samalewa dan Desa Biringere.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wilayah pesisir
Editor : Amri Nur Rahmat

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top