Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makassar Belum Terima Vaksin Booster

Vaksin booster sendiri menggunakan vaksin Pfizer dan AstraZeneca.
Vaksin Covid-19 AstraZeneca./Antara
Vaksin Covid-19 AstraZeneca./Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Makassar seharusnya melaksanakan vaksinasi booster, Rabu (12/1/2022). Namun karena vaksin booster ini belum diterima dari pemerintah pusat, vaksinasi belum terlaksana.

Padahal Kota Makassar menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi booster.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Arman Bausat membenarkan jika vaksin booster belum tiba di Sulsel. Bahkan belum ada informasi kapan vaksin dosis ketiga ini akan didistribusikan ke Sulsel.

"Belum datang (vaksin). Belum diinformasikan dari pusat kapan datang," katanya kepada Bisnis, Rabu (12/1/2022).

Vaksin booster sendiri menggunakan vaksin Pfizer dan AstraZeneca. Walaupun kedua vaksin ini masih ada stoknya di Sulsel, namun Arman mengatakan tidak bisa digunakan sebelum ada instruksi dari pemerintah pusat.

"Pfiser dan AstraZeneca kita punya stoknya, kita bisa pakai itu kalau sudah ada informasi dari pusat, ini kan belum," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin menyampaikan jika vaksin booster telah didistribusikan ke Makassar, pihaknya akan langsung melaksanakan.

Ia pun menerangkan jika untuk tahap awal, vaksinasi booster saat ini belum diperbolehkan untuk umum.

Yang menjadi prioritas adalah masyarakat lanjut usia (lansia) yang sudah memperoleh dua dosis vaksin. Syaratnya, jarak antara vaksin kedua dan booster lebih dari enam bulan.

"Untuk sementara saya sudah minta tadi dalam rapat koordinasi semua pelayanan kesehatan masyarakat (PKM), bila sudah ada lansia yang sudah lengkap vaksinnya dan jarak 6 bulan, silakan divaksin booster," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler