Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sulsel Akan Buka Direct Flight Makassar-Lombok

Sulsel akan mempromosikan MotoGP dan Sulsel akan berpromosi pariwisata di Mandalika, serta pengembangan pariwisata ke depannya.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  17:16 WIB
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.  - Kementerian BUMN
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana membuka penerbangan langsung (direct flight) Makassar-Lombok. Harapannya bisa menarik wisatawan pada gelaran MotoGP untuk datang ke Sulsel.

Selain penerbangan langsung, Pemprov Sulsel juga siap menyediakan akomodasi termasuk perhotelan. Ini guna mengakomodir tim MotoGP, wisatawan atau penonton yang ingin berwisata ke Sulsel. Baik pra atau pasca pelaksanaan event internasional tersebut.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Andry Arief Bulu mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Kerja sama ini senagai joint promotion di bidang pariwisata. Dimana, Sulsel akan mempromosikan MotoGP dan Sulsel akan berpromosi pariwisata di Mandalika, serta pengembangan pariwisata ke depannya.

"Ruang lingkup kerja sama ini terkait destinasi wisata Sulsel di Mandalika dan kita di Sulsel mempromosikan MotoGP," kata Andry Arief Bulu.

Tak tanggung-tanggung, pihak Pemprov Sulsel menargetkan akan menarik wisatawan ke Sulsel saat gelaran MotoGP sekitar 5.000 orang. Menurut Andy, kunjungan ke Mandalika saat gelaran dunia itu berlangsung bisa sampai 100.000 orang. Jumlah itu dianggap akan memenuhi Lombok, dan Sulsel bisa menjadi alternatif.

"Karena animo masyarakat menonton MotoGP sudah mencapai 100 ribu orang dan merupakan jumlah yang besar untuk ditampung di Lombok. Jadi akan sampai ke Bali dan Mataram serta daerah terdekat di luar Jawa-Bali, itu di Sulsel," ungkapnya, Rabu (12/1/2022).

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo menyebut jika pengembangan kawasan Mandalika harus melibatkan berbagai pihak, termasuk Provinsi Sulsel.

Ia mendukung upaya Pemprov Sulsel dalam joint promotion ini. Ia harap, orang Lombok bisa ke Makassar dan sebaliknya orang Makassar bisa ke Lombok.

"Kami yakin bahwa mengembangkan Mandalika tidak bisa sendiri. Sehingga kami sangat welcome dan terbuka untuk betul-betul bekerjasama joint promotion. Kami yakin fan base motoGP banyak juga di Makassar," tambahnya.

Sementara Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik pelaksanaan MotoGP Mandalika sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional.

Sulsel sebagai pintu gerbang Indonesia timur baginya juga harus ikut mengambil bagian dalam penyelenggaraan event ini. Hal ini dianggap dapat menjadi salah satu pemikat bagi wisatawan mancanegara dan Nusantara.

"Kami Sulsel harus meminta arahan nasional termasuk kepada Kementerian Pariwisata, tentu kepada ITDC tentang apa kontribusi yang dapat kami lakukan untuk ambil bagian dalam peningkatan dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP sulsel
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top