Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Sulsel Menguat di Triwulan II/2021, Ini Sektor Penopangnya

Pola pertumbuhan ekonomi seluruh daerah di Indonesia memiliki kesamaan. Di mana hampir seluruhnya menunjukkan tren positif pada pertumbuhan ekonomi.
Gedung-gedung terlihat dari udara di kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/2/2020)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Gedung-gedung terlihat dari udara di kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/2/2020)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan II/2021 menunjukkan tren positif. Setelah sempat mengalami kontraksi 2,50 persen pada triwulan I/2021, ekonomi Sulsel kini kembali menguat di angka 7,44 persen.

Kepala BPS Sulsel Suntono memaparkan terdapat tiga sektor penopang pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan II/2021. Dari sisi produksi kontribusi tertinggi dicapai oleh sektor perdagangan dengan pertumbuhan yang sangat impresif sebesar 19,70 persen.

"Dari sisi pengeluaran ada sektor administrasi pemerintahan dengan pertumbuhan sebesar 17,82. Terakhir, ada jasa pendidikan yang juga tumbuh positif sebesar 12,57 persen pada triwulan II tahun ini," papar Suntono konfrensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Secara triwulan, jelas Suntono, pola pertumbuhan ekonomi seluruh daerah di Indonesia memiliki kesamaan. Di mana hampir seluruhnya menunjukkan tren positif pada pertumbuhan ekonomi. Ia menyebut, secara umum ekonomi triwulan II/2021 lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan sebelumnya.

Khusus di Sulsel sendiri, sebelum pandemi Covid-19 melanda, kondisi perekonomian tanah Anging Mammiri ini selalu bertumbuh positif, bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, ketika pandemi mulai menghantam, ekonomi Sulsel terus mengalami kontraksi. Hal itu juga terjadi secara global.

"Memasuki semester kedua tahun ini, ekonomi Sulsel perlahan bangkit. Pada triwulan III nanti, pertumbuhannya kemungkinan akan lebih baik lagi dari sebelumnya," ungkap Suntono.

Besarnya kontribusi sektor perdagangan pada pertumbuhan ekonomi Sulsel menjadi jawaban dari upaya percepatan perbaikan ekonomi. Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, terdapat empat sektor yang terus dipacu untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi.

Selain sektor perdagangan, ketiga sektor lainnya yaitu sektor industri, pariwisata, dan investasi. Adapun program kerja yang menjadi fokus utama pada sektor perdagangan yakni memacu produktivitas dan daya saing sejumlah komoditas.

"Di antaranya itu untuk hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, dan perikanan. Kami tengah mengupayakan pengembangan budi daya komoditas baru dalam mendukung diversifikasi komoditas potensial ekspor," kata Sudirman.

Upaya lain juga diarahkan pada dukungan pembangunan kawasan-kawasan industri di beberapa kabupaten/kota yang akan menjadi pusat perekonomian dan akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. (k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper