Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Upaya Bank Indonesia Dorong Kegiatan Ekonomi Syariah di Sulsel

Bank Indonesia (BI) selaku regulator keuangan bersama Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) mendorong kegiatan ekonomi syariah yang dimotori kalangan pesantren.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  13:39 WIB
Deputi Kepala Perwakilan BI Sulawesi Selatan, Endang Kurnia Saputra (kiri) pada acara Pengukuhan dan Pendirian Koperasi Sekunder Hebitren Wilayah Sulawesi Papua di Makassar, Rabu (24/3/2021) - Antara
Deputi Kepala Perwakilan BI Sulawesi Selatan, Endang Kurnia Saputra (kiri) pada acara Pengukuhan dan Pendirian Koperasi Sekunder Hebitren Wilayah Sulawesi Papua di Makassar, Rabu (24/3/2021) - Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Indonesia (BI) selaku regulator keuangan bersama Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) mendorong kegiatan ekonomi syariah yang dimotori kalangan pesantren.

Hal itu dikemukakan Deputi Kepala Perwakilan BI Sulawesi Selatan Endang Kurnia Saputra pada acara Pengukuhan dan Pendirian Koperasi Sekunder Hebitren Wilayah Sulawesi Papua di Makassar, dikutip dari Antara, Kamis (25/3/2020).

Ia mengatakan untuk mencapai target di lapangan maka dibutuhkan fasilitator dalam dalam mendukung program ekonomi Hebitren ini.

Dalam hal ini, lanjut dia, BI bukan hanya berperan sebagai fasilitator, tetapi juga siap menjadi pejuang utama dalam berdirinya Hebitren, khususnya dalam kegiatan ekonomi syariah.

Selain menjadi fasilitator dan pejuang utama, Endang mengimbuhkan untuk mewujudkan wilayah ekonomi syariah diperlukan dorongan yang lebih dalam menyelenggarakan program.

Berkaitan dengan hal tersebut, BI terus memotivasi untuk membangkitkan pondok-pondok pesantren di wilayah ekonomi syariah.

Menurut dia, dalam menumbuhkan ekonomi syariah pondok pesantren, setidaknya terdapat tiga peranan BI, yakni membentuk kelembagaan misalnya koperasi, memperkuat akses pasar, dan mengupayakan pesantren mulai menjajaki berbagai usaha.

Dengan penjajakan berbagai usaha tersebut, maka perluasan akses pasar pun harus diperkuat, sehingga kelembagaan yang ada juga akan semakin kuat ke depan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia sulsel

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top