Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi Sulsel Meningkat pada Februari, Ini Sebabnya

Iflasi Sulawesi Selatan pada Februari 2021 tercatat sebesar 0,33 persen(mtm) yang dipengaruhi kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,84 persen.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  14:13 WIB
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Makassar, Sulsel, Senin (16/5).  - BISNIS.COM
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Makassar, Sulsel, Senin (16/5). - BISNIS.COM

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi Sulawesi Selatan pada Februari 2021 tercatat sebesar 0,33 persen(mtm) yang dipengaruhi kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,84 persen. 
 
"Inflasi bulanan Sulsel pada Februari 2021 masih terkendali dan sesuai dengan sasaran target " kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Budi Hanoto di Makassar, Kamis . 

Dia mengatakan inflasi Sulsel pada Februari 2021 tercatat sebesar 0,33 persen (mtm), meningkat tipis dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 0,29 persen (mtm).

Sementara secara bulanan, inflasi Sulsel dipengaruhi terutama pada kelompok makanan, minuman dan tembakau yang mengalami inflasi sebesar 0,84 persen (mtm) serta kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga dengan inflasi sebesar 0,24 persen (mtm) dan kelompok transportasi dengan inflasi sebesar 0,21 persen (mtm). 

"Inflasi kelompok makanan, minuman dan tembakau  dipengaruhi dengan kenaikan harga komoditas yaitu cabai rawit dan ikan bandeng," katanya. 

Peningkatan harga cabe rawit diprakirakan karena meningkatnya permintaan serta terbatasnya pasokan karena tertundanya jadwal panen dan kenaikan harga ikan bandeng dipengaruhi berkurangnya pasokan karena panen dini pada akhir 2020. 

Hal itu dibenarkan salah seorang penjual cabai di Pasar Terong, Makassar Daeng Sangkala.

"Harga cabai sejak akhir tahun 2020 terus naik hinggga selanjutnya  Sementara itu, Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga
 dipengaruhi kenaikan upah asisten rumah tangga diprakirakan karena penyesuaian tahunan," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top