Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

17 Daerah di Sulsel Berpotensi Banjir, Masyarakat Diminta Siaga

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyatakan sebanyak 17 daerah dari 24 kabupaten/kota di Sulsel yang siaga banjir akibat potensi hujan lebat awal pekan ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  06:25 WIB
Hujan disertai petir - Istimewa
Hujan disertai petir - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyatakan sebanyak 17 daerah dari 24 kabupaten/kota di Sulsel yang siaga banjir akibat potensi hujan lebat awal pekan ini.

Adapun 17 daerah yang dinyatakan siaga untuk antisipasi banjir diantaranya adalah seluruh wilayah Luwu dan Kota Palopo, Tana Toraja. Toraja Utara, Barru, Soppeng, Sidenreng, Wajo, Jeneponto, Gowa, Maros dan dua kota yakni Kota Parepare dan Makassar.

Sedang tujuh daerah lainnya dinyatakan dalam posisi waspada untuk terdampak banjir akibat hujan lebat.

Menyikapi kondisi tersebut, masing-masing pihak kesyahbandaran daerah itu memperingati para nelayan untuk memperhatikan kondisi cuaca sebelum turun melaut.

"Hal itu dinilai penting, agar keselamatan para nelayan dapat terjaga, mengingat ketinggian ombak pada saat hujan lebat, juga cenderung tinggi antara 1,5 meter - 2,5 meter," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Nur Asia dikutip dari Antara, Selasa (23/2/2020).

Sementara itu, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah juga sudah mewanti-wanti pada semua pihak, termasuk pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing daerah untuk dapat mengantisipasi bencana banjir.

Khusus di wilayah perkotaan, diimbau agar memperhatikan kebersihan got, kanal dan sungai, sehingga pada saat hujan tidak terjadi genangan.
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top