Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serapan Dana Desa Sulsel Baru 2 Persen

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, pagu dana desa Sulsel pada 2021 yakni sebesar Rp2,37 triliun.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  06:10 WIB
Karst Rammang-Rammang - readersblog/mongabay/co/id
Karst Rammang-Rammang - readersblog/mongabay/co/id

Bisnis.com, MAKASSAR - Penyerapan dana desa tahap I hingga Februari 2021 baru mencapai 2 persen. Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, pagu dana desa Sulsel pada 2021 yakni sebesar Rp2,37 triliun.

Sementara dana yang baru tersalurkan yaitu baru sekitar Rp48,20 miliar dengan total desa yang sudah tersalurkan sebanyak 144 desa di Sulsel. Kepala PMD Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo tak menampik adanya keterlambatan penyerapan dana tersebut.

"Itu karena persoalan administrasi. Selain itu juga, karena banyak daerah yang belum menetapkan APBD desa di mana mengacu pada Peraturan Bupati tentang Dana Desa," jelas Ashari, Selasa (16/2/2021).

Faktor lain keterlambatan penyaluran kata Ashari, sebab adanya perubahan sistem pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa, dimana setiap bulannya dilakukan pencairan.

Ashari menjelaskan, dari 21 kabupaten di Sulsel, hanya Kabupaten Barru yang tidak mengalami kendala berarti dalam pencairan dana desa. Bahkan pencairannya sudah memasuki pengajuan tahap kedua.

"Kalau sekarang itu Kepala Desa mengajukan setiap bulan untuk BLT dan ini membuat keteteran apalagi penyaluran dilakukan sesuai permintaan yang masuk," kata Ashari.

Kendati demikian, ia memastikan pada Maret mendatang tidak ada lagi keterlambatan terkait penyaluran dana desa. Pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi bersama dinas terkait agar tidak terjadi lagi keterlambatan pada proses pencairan dana tersebut. (k36)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top