Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 di Indonesia Tembus 1 Juta Kasus, Sulsel Peringkat 5 Provinsi Kasus Tertinggi

Sulawesi Selatan menduduki peringkat kelima sebagai provinsi dengan infeksi Covid-19 tertinggi di Tanah Air yaitu sebanyak 45.637 kasus.
Ilustrasi virus
Ilustrasi virus

Bisnis.com, MAKASSAR - Positif Covid-19 di Indonesia menembus 1 juta kasus setelah satu tahun mengalami pandemi. Secara kumulatif, kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga hari ini Rabu (27/1/2021) mencapai 1.012.350 orang, kasus sembuh 820.356 orang, dan kasus meninggal 28.468 orang.

Sulawesi Selatan menduduki peringkat kelima sebagai provinsi dengan infeksi Covid-19 tertinggi di Tanah Air yaitu sebanyak 45.637 kasus. Kendati demikian pemerintah setempat mengklaim adanya penurunan kasus baru. 

Pada Senin (25/1/2020) Tim Konsultan Satgas Covid-19 Sulsel menyatakan rate of transmission (Rt) atau tingkat penularan saat ini berada di angka 0,71 atau di bawah 1, dari 600 kasus per hari menjadi hanya 200 kasus.

Tim Konsultan Satgas Covid-19 Sulsel Prof Ridwan Amiruddin mengatakan Penurunan kasus tersebut didukung oleh adanya sejumlah program pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Misalnya saja, program isolasi atau karantina yang terpusat seperti penyediaan hotel untuk isolasi dalam program Wisata Duta Covid-19.

Dukungan lain juga ditunjukkan oleh sejumlah pemerintah daerah. Salah satunya, dalam pemberlakuan jam malam yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Kabupaten Maros. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir mobilitas pergerakan masyarakat tiap harinya.

"Kapasitas testing juga meningkat, kesadaran masyarakat juga sudah semakin membaik," kata Prof Ridwan.

Adapun DKI Jakarta masih jadi provinsi dengan positif Covid-19 terbanyak di Indonesia yaitu 254.580 kasus, menyusul Jawa Barat 131.322 kasus, Jawa Tengah 118.204 kasus, dan peringkat keempat Jawa Timur 108.017 kasus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper