Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengemas Kopi Sulut Lebih Kekinian

Petani dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sulawesi Utara didorong untuk meningkatkan produksi utamanya produk khas daerah setempat salah satunya yaitu kopi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 November 2020  |  19:45 WIB
Ilustrasi - Warga memetik kopi Arabika saat perayaan panen massal dalam rangkaian festival panen kopi di Bener Meriah Aceh. - Antara
Ilustrasi - Warga memetik kopi Arabika saat perayaan panen massal dalam rangkaian festival panen kopi di Bener Meriah Aceh. - Antara

Bisnis.com, MANADO - Petani dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sulawesi Utara didorong untuk meningkatkan produksi utamanya produk khas daerah setempat salah satunya yaitu kopi.

Kabiro Perekonomian Provinsi Sulut Hanny Wajong mengatakan kopi Sulut memiliki cita rasa khas dan sangat potensial untuk mendorong perekonomian daerah.

Apalagi, kata Hanny, kini ada wadah ruang unutk mempromosikan jenis kopi Sulut yaitu melalui Urban Coffee Festival yang diinisiasi Bank Indonesia (BI).

“Kami mengapresiasi Urban Coffee Festival yang dilakukan Bank Indonesia (BI) untuk mengangkat komoditi kopi disertai kreatifitas unutk mengemasnya lebih kekinian,” katanya, dikutip dari Antara, Minggu (22/11/2020).

Hanny Wajong mengatakan Urban Coffee Festival ialah program terobosan BI agar menghasilkan kopi kualitas terbaik di Sulut.

Pemprov menilai kopi salah satu komoditi potensial di Sulut, karena itu, dia berharap Sulut ikut memperkuat Indonesia sebagai pengekspor terbesar di dunia.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan Indonesia merupakan negara terbesar keempat dalam mengekspor kopi di dunia. Kekayaan kopi inilah yang menyebar di sejumlah besar daerah di Indonesia, termasuk di Sulut.

Arbonas mengatakan meskipun Sulut bukanlah pelaku bisnis kopi terbanyak di Indonesia, tapi pada dasarnya Sulut memiliki kekayaan warisan kopi hingga saat ini.

Ini juga yang menjadi latar belakang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara mengadakan Urban Coffee Festival. Urban Coffee Festival diadakan guna membangkitkan lagi kopi Sulut untuk menjadi komoditas primadona ekspor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top