Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Pertama di Sulut Segera Beroperasi

Jika rampung secara keseluruhan, jalan tol ini akan terintegrasi serta mempermudah akses menuju sejumlah objek vital di Sulut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 September 2020  |  22:34 WIB
Tol Manado-Bitung di ruas Manado-Danowudu segera dioperasikan. (Foto: PT Jasamarga Manado-Bitung) - Antara
Tol Manado-Bitung di ruas Manado-Danowudu segera dioperasikan. (Foto: PT Jasamarga Manado-Bitung) - Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mengoperasikan Jalan Tol Manado-Bitung untuk ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer.

Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung mengatakan bahwa nantinya jika rampung secara keseluruhan, jalan tol ini akan terintegrasi serta mempermudah akses menuju sejumlah objek vital di Sulut.

“Tol ini akan terhubung ke Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang. Diharapkan hal ini akan memacu daya saing investasi Provinsi Sulawesi Utara,” jelas George, Senin (28/9/2020).

Total panjang tol Manado-Bitung adalah 39 kilometer dan dibangun melalui skema kerja sama dengan Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan ini akan dioperasionalkan secara bertahap.

Tol terpanjang di Sulawesi ini terdiri dari dua seksi, seksi I Manado-Airmadidi sepanjang (14 kilometer) yang dibangun pemerintah dan seksi II Airmadidi-Bitung (25 kilometer) yang dibangun PT JMB.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

“Jalan Tol Manado-Bitung akan dilengkapi dengan lima simpang susun dan dua belas jembatan. Kami juga siap mengoperasikan pelayanan lalu lintas lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan seperti dua unit Patroli Jalan Raya (PJR), tiga unit Mobile Customer Service (MCS), satu unit Rescue, satu unit Ambulance serta tiga unit Derek,” terangnya.

Jalan Tol Manado-Bitung yang dibangun sejak tahun 2017 tersebut memiliki total investasi sebesar Rp4,95 Triliun dengan masa konsesi 40 tahun. Keberadaan jalan tol ini nantinya juga dapat memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung.

Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5-2 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30-45 menit. Keberadaan jalan tol ini juga dapat meningkatkan konektivitas wilayah-wilayah sekitar Manado dan Bitung sehingga akan menurunkan biaya logistik.

Akses ke sejumlah objek wisata Sulut juga akan semakin ringkas dengan adanya jalan tol ini seperti objek wisata Rumah Alam Manado Adventure Park, air terjun Kima Atas, hutan Mangrove Lembeh, Taman Nasional Tangkoko, Gunung Dua Saudara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top