Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asosiasi UMKM Gorontalo Utara Sasar Ekspor Gula Aren

Produsen gula aren di Kabupaten Gorontalo Utara diminta untuk meningkatkan daya saing produknya sebagai upaya untuk menembus pasar internasional.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 September 2020  |  05:37 WIB
Gula aren -
Gula aren -

Bisnis.com, MAKASSAR - Produsen gula aren di Kabupaten Gorontalo Utara diminta untuk meningkatkan daya saing produknya sebagai upaya untuk menembus pasar internasional.

Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah Rizan Demanto mengatakan, dari segi rasa, bentuk, dan ukuran, gula aren khas Gorontalo Utara sudah sangat layak untuk diekspor. Namun kata Rizan, masih terbatas dari sisi produksi dan bentuk kemasan.

“Kalau mau melakukan ekspor tentu volume produknya harus banyak, olehnya itu kelengkapan alat sangat dibutuhkan agar produksi bisa lebih efektif dan efisien,” terang Rizan dikutip dari Antara, Senin (21/9/2020).

Rizan pun meminta kepada pemerintah setempat agar membantu pengusaha gula aren dari sisi permodalan maupun pelatihan agar bisa memenuhi kebutuhan ekspor.

Dia optimistis dengan selain dari inovasi produk yang dilakukan pengusaha, bantuan dari pemerintah akan mewujdukan ekspor gula aren Gorontalo Utara mengingat banyak kantong-kantong produksi gula aren yang ditekuni sendiri oleh perajin lokal, diantaranya di Kecamatan Atinggola.

“Kami akan cari pasarnya dan membantu promosi, namun yang paling penting terlebih dahulu adalah bagaimana produk ini layak jual ke pasar global, dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo utara

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top