Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Marak Pembalakan Liar, Sulsel Butuh 1.000 Personel Polisi Hutan

Satu Polisi Kehutanan di Sulsel menjaga 6,75 juta hektare lahan, padahal idealnya hanya menjaga 2.000 hektare lahan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  08:34 WIB
Batang kayu yang terbawa banjir bandang di Masamba, Luwu Utara - Antara
Batang kayu yang terbawa banjir bandang di Masamba, Luwu Utara - Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Sulawesi Selatan membutuhkan sekitar 1.000 personel polisi kehutanan untuk menjaga kawasan hutan di daerah tersebut dari pembalakan liar agar tidak memicu bencana alam seperti yang terjadi di Masamba dan Bantaeng.

Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Selatan Andi Parenrengi mengatakan bahwa saat ini di wilayahnya hanya memiliki 400 personel polisi kehutanan yang menjaga hingga 2.700 juta Hektare hutan.

Dengan angka segitu pada saat ini, satu polisi kehutanan bertanggung jawab menjaga 6,75 juta hektare lahan.

“Idealnya satu orang petugas hanya menangani 2.000 hektare sehingga jika hutan di Sulawesi Selatan seluas 2.700 juta hektare, maka butuh hingga 1.000 orang petugas," katanya dikutip Antara pada Senin (10/8/2020).

Polisi hutan yang dimiliki Sulawesi Selatan terdiri dari 160 orang petugas berstatus PNS sementara sisanya sebanyak 311 orang masih berstatus tenaga honor.

Dia menjelaskan, seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan kecuali Makassar, memiliki hutan dengan luas yang beragam. Maka dengan kondisi itu dinilai perlu untuk menambah personel agar pengawasan bisa maksimal. Menurut dia, para personel terus rutin melakukan patroli di berbagai kawasan hutan di Sulawesi Selatan demi meminimalisir upaya pengrusakan hutan yang justru menimbulkan bencana alam.

"Petugas kami sudah rutin melakukan penjagaan di beberapa kawasan hutan di Sulawesi Selatan. Kami dengan kekuatan yang ada tetap berupaya agar bisa berdampak maksimal," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel banjir bandang

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top