Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ALFI Sulselbar Siap Dukung Perbaikan Kinerja Logistik Melalui Sistem Angkutan Terpadu

ALFI) menilai bahwa sistem angkutan barang terpadu dan terintegrasi (multimoda) yang akan diterapkan di seluruh Tanah Air akan dapat mewujudkan sistem logistik nasional yang efektif, efisien, dan kompetitif.
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menilai bahwa sistem angkutan barang terpadu dan terintegrasi (multimoda) yang akan diterapkan di seluruh Tanah Air akan dapat mewujudkan sistem logistik nasional yang efektif, efisien, dan kompetitif.

Sejalan dengan penerapan tersebut, kinerja logistik Tanah Air diyakini akan tumbuh semakin baik.
 
Ketua ALFI Sulselbar Syaifuddin Syahrudi mengatakan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) di wilayahnya siap mendukung implementasi multimoda, apalagi pihaknya sudah terbiasa dengan sistem tersebut.
"JPT di Sulselbar sudah terbiasa melakukan pengiriman barang dengan sarana angkutan terpadu dan terintegrasi (multimoda), baik pengiriman barang antar pulau maupun ekspor dan impor, terlebih didukung infrastruktur Pelabuhan Makassar dan Bandara Internasional Hasanuddin yang merupakan pusat alih pemuatan (transshipment) dari Indonesia Bagian Barat dan Tengah ke wilayah Indonesia Bagian Timur," kata Syaifuddin Syahrudi, Minggu (26/7/2020).
 
Sementara itu Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi DPP ALFI Anwar Satta membenarkan bahwa ALFI kini telah siap menerapkan sistem angkutan barang secara terpadu dan terintegrasi (multimoda) secara nasional.
“Dalam waktu dekat sistem angkutan terpadu dan terintegrasi secara nasional tersebut segera akan dilaksanakan, karena ALFI sejak lama telah memiliki perangkat sistem angkutan tersebut,” katanya yang dihubungi secara terpisah. 
 
Anwar menjelaskan bahwa jumlah perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) anggota ALFI dari Sabang hingga Merauke saat ini sebanyak 3.412 perusahaan dan mereka akan dilibatkan dalam mewujudkan sistem angkutan multimoda nasional.  
 
Dari jumlah perusahaan anggota ALFI sebanyak itu, lanjut Anwar, 291 perusahaan berklasifikasi internasional yang telah menerapkan sistem angkutan multimoda sejak tahun 1990-an. Sementara itu perusahaan yang memiliki izin Badan Usaha Angkutan Multimoda (BUAM) baru 12 dan separuhnya pun anggota ALFI.  
 
“Dengan membangun sistem angkutan terpadu dan terintegrasi (multimoda) dari dan ke seluruh wilayah kota/kabupaten diharapkan dapat memperbaiki kinerja logistik secara nasional dan bahkan dapat mendorong investasi dan ekspor dari berbagai daerah,” kata Anwar.   
 
Dia menjelaskan bawa ALFI sudah siap melaksanakan sistem angkutan terpadu dan terintegrasi (multimoda) secara nasional sejak tahun 1990-an karena telah memiliki sistem dokumen tunggal, yaitu memiliki sistem dokumen angkutan barang (DAB) yang dilengkapi dengan perjanjian bisnis standar atau STC (Standard Trading Condition) serta ditutup asuransi tanggung jawab (liability insurance). “Sistem informasi, komunikasi dan transaksi digitalnya pun sudah siap.” 
 
Bahkan, lanjut Anwar, DAB yang diterbitkan ALFI (yang dahulu bernama GAFEKSI) tersebut telah mendapat pengakuan dari Bank Indonesia sebagai dokumen pendamping untuk mencairkan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) atau Letter of Credit (L/C) Lokal melalui perbankan nasional.  
 
“Jadi dengan sistem ini pedagang antar pulau (domestik) akan diuntungkan, karena tidak perlu cash and carry dalam melakukan perdagangan, tapi cukup menggunakan L/C Lokal. Sistem ini akan membantu UMKM dan pedagangan domestik dalam suasana pandemi Covid-19 seperti saat ini.” 
 
Maka dari itu, kata Anwar lagi, banyak perusahaan JPT di daerah yang tidak mau mengubah izin usahanya menjadi Badan Usaha Angkutan Multimoda (BUAM). Sebab, lanjut dia, layanan angkutan multimoda adalah bagian dari kegiatan JPT (freight forwarding). Justru yang perlu diregister itu, dia menjelaskan, adalah perusahaan yang selama ini kegiatannya hanya menggunakan unimoda (sarana angkutan tunggal) seperti operator truk, kapal dan pesawat udara, yang menyatakan dirinya memberikan layanan hingga “door”.   
 
Bendahara Umum DPP ALFI Wisnu Pettalolo menambahkan bahwa rendahnya JPT mengubah izinnya menjadi BUAM selain dari aspek legal yang lemah juga dengan izin JPT lebih menguntungkan.  
 
Wisnu menjelaskan bahwa sesusai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. PM. 49/2017 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Jasa Pengurusan Transportasi kegiatan 
JPT mencakup 21 segmen. “Jadi bisa dimaklumi kalau anggota ALFI tetap menggunakan izin JPT.” 
 
Sesuai Permenhub No. PM. 49/2017, Wisnu merinci, kegiatan JPT meliputi kegiatan penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengepakan, penandaan, pengukuran, penimbangan, pengurusan dokumen, pemesanan ruang kapal, pengiriman, distribusi, penghitungan biaya, klaim, asuransi, teknologi informasi dan komunikasi, layanan logistik, E-Commerce, NVOCC (Non Vessel Operating Common Carrier) dan layanan kurir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper