Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

61.000 UMKM di Sulsel Diusulkan Terima Bantuan Modal Kerja  

Sebanyak 61.339 Usaha Mikro Kecil Menengah di Sulawesi Selatan akan diusulkan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan modal kerja yang berasal dari anggaran program pemulihan ekonomi nasional.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  10:44 WIB
Ketua Kelompok Penenun Eboon Lombok Tengah selaku pembina pelatihan Mariani Merdjun (kanan) mendampingi warga penghuni rumah susun saat kegiatan pelatihan menenun motif ikon Jakarta di Rumah Susun Jatinegara Barat, Jakarta, Rabu (6/11). - BISNIS.COM
Ketua Kelompok Penenun Eboon Lombok Tengah selaku pembina pelatihan Mariani Merdjun (kanan) mendampingi warga penghuni rumah susun saat kegiatan pelatihan menenun motif ikon Jakarta di Rumah Susun Jatinegara Barat, Jakarta, Rabu (6/11). - BISNIS.COM

Bisnis.com, MAKASSAR - Sebanyak 61.339 Usaha Mikro Kecil Menengah di Sulawesi Selatan akan diusulkan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan modal kerja yang berasal dari anggaran program pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Malik Faisal mengatakan bahwa pihaknya masih terus mendata UMKM yang benar-benar layak untuk mendapatkan stimulus sebesar Rp2,4 juta tersebut.

“Ini diprioritaskan bagi UMKM dengan modal usaha di bawah Rp50 juta dan usahanya terdampak wabah dan memiliki potensi untuk bangkit kembali,” ujar Malik, Kamis (23/7/2020).

Program bantuan modal kerja ini rencananya akan dirilis pada Agustus dengan kuota nasional 12 juta untuk pelaku usaha mikro se-Indonesia.

“Jadi ini tidak ada kuota setiap daerah, yang ada hanya kuota nasional. Jadi siapa cepat dia dapat. Tetapi kami komitmen membantu para pelaku usaha mikro ini, makanya kami mendata ulang kembali pelaku usaha," urainya.

Malik mengakui bahwa data yang saat ini dikantongi Dinas Koperasi dan UMKM belum valid sebab beberapa usaha mikro belum melengkapi datanya.

Beberapa data yang harus dilengkapi seperti NIK (pengusaha mikro), nomor telepon karena akan ada konfirmasi, nama usahanya, modal usahanya, dan omzet sebelum serta pasca-pandemi.

"Agustus rencana launching dan akan diberikan hanya sekali. Kemarin sudah ada penyerahan secara simbolis oleh Presiden, sebanyak 60 UMKM dari Bogor," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top