Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BRI Makassar Siap Salurkan Kredit Rp2,8 Triliun untuk Menggerakkan Ekonomi

Rencana ekspansi tersebut bakal difokuskan pada sektor pertanian dengan porsi anggaran yang lebih besar.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  20:03 WIB
Kantor Bank Rakyat Indonesia. - Dok. BRI
Kantor Bank Rakyat Indonesia. - Dok. BRI

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Makassar Siap berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Pimpinan Wilayah BRI Makassar, Presley Hutabarat menyatakan pihaknya telah memetakan rencana ekspansi untuk kembali menstabilkan perekonomian.

BRI Wilayah Makassar yang membawahi empat Wilayah yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku menyiapkan anggaran sebesar Rp2,8 triliun dalam rencana ekspansi. Rencana ekspansi tersebut bakal difokuskan pada sektor pertanian dengan porsi anggaran yang lebih besar.

"Perseroan akan fokus pada sektor pertanian dengan total ekspansi sebesar Rp1,5 triliun. Sementara Rp1,3 triliun lainnya akan difokuskan pada sektor non pertanian," kata Presley, Selasa (7/7/2020).

Presley menerangkan, dari empat wilayah kerja BRI Makassar, rencana ekspansi paling besar akan difokuskan di Sulsel untuk sektor pertanian sebesar Rp892,3 miliar. Sektor pertanian merupakan sektor potensial untuk kembali menumbuhkan perekonomian baik nasional maupun daerah.

Untuk sektor pertanian, Presley menyebut telah menyiapkan klaster pertanian di masing-masing kabupaten yang ada di Sulsel. Misalnya saja untuk Kabupaten Takalar dan Jeneponto terdapat klaster rumput laut, Kabupaten Luwu dengan klaster kakao, Sidrap dengan klaster beras, dan Enrekang dengan klaster bawang merah.

"Cara menumbuhkan kembali ekonomi nasional memang mau tidak mau harus kembali ke desa," kata Presley.

Di sisi lain, kinerja perseroan selama masa pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 dinilai cukup stabil. Hal itu terlihat dari sisi kredit pada Juni 2020 BRI Makassar yakni sebesar Rp1,464 triliun atau tumbuh sebesar 1,03 persen terhadap Desember 2018. Yang mana kinerja pinjaman didominasi oleh pinjaman mikro sebesar Rp28,4 triliun atau 52 persen dari total kredit yang disiapkan perseroan.

Sementara kinerja simpanan BRI Makassar pada Juni 2020 yakni sebesar Rp759 miliar atau tumbuh sebesar 1,02 persen terhadap Desember 2018. Tercatat, kinerja simpanan didominasi oleh CASA atau rasio dana murah sebesar Rp34,9 triliun atau 77 persen dari total pinjaman.

"Jadi di tengah pandemi Covid-19 ini, terjadi peningkatan pada market share kredit. Untuk simpanan kinerjanya sedikit melambat, karena banyak orang yang menarik dananya," jelas Presley. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri makassar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top