Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mulai Besok Masjid Almarkaz Makassar Dibuka untuk Salat Jumat

Masjid Almarkaz Makassar Sulawesi Selatan akan dibuka untuk pelaksanaan salat jumat mulai besok Jumat, 5 Juni 2020.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 04 Juni 2020  |  13:47 WIB
Menggunakan masker saat salat di tempat umum atau masjid sebagai salah satu cara mencegah penularan Covid-19. - Istimewa
Menggunakan masker saat salat di tempat umum atau masjid sebagai salah satu cara mencegah penularan Covid-19. - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Masjid Almarkaz Makassar Sulawesi Selatan akan dibuka untuk pelaksanaan salat jumat mulai besok Jumat, 5 Juni 2020.

Sejak corona merebak di daerah ini tiga bulan terakhir, masjid kebanggaan Sulawesi Selatan ini tidak menggelar Salat Jumat sebagai ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Ketua Umum Yayasan Islamic Center Almarkaz Prof. Basri Hasanuddin mengatakan bahwa keputusan tersebut atas pertimbangan surat edaran Dewan Masjid Indonesia yang membolehkan ibadah di masjid serta hasil konsultasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel.

“Tapi tentunya pelaksanaan ibadah harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran,” kata Prof. Basri dalam keterangan yang ditrerima Bisnis, Kamis (4/6/2020).

Mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI itu menjelaskan, protokol kesehatan yang harus dipatuhi setiap jamaah antara lain, wajib mengenakan masker, membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak dalam shaf.  Ia mengharapkan kerjasama dari jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut.

Pengurus Almarkaz sendiri akan membuat penanda jarak antara jamaah dalam shaf sehingga tidak terjadi kontak fisik. Disarankan pula, setiap jamaah yang kembali ke rumah masing-masing agar langsung cuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir.

Meski telah dibuka untuk umum, namun pengurus Masjid Almarkaz tidak akan membuka semua pintu akses masuk ke masjid. Hanya beberapa pintu yang akan dibuka, dengan menempatkan petugas di depan pintu untuk mengontrol jamaah yang datang.

Untuk pelaksanaan Salat Jumat sendiri direncanakan tidak ada sistem bergiliran/shift atau pengaturan gelombang satu dan gelombang kedua.

Pelaksanaan salat Jumat hanya akan dilakukan hanya satu gelombang saja. Masjid Almarkaz Al-Islami sendiri, dalam keadaan normal mampu menampung lebih 10 ribu jamaah.  Namun, karena diberlakukan ada jarak antara jamaah dalam shaf, maka  diperkirakan jamaah akan meluber.

“Kami mengantisipasinya dengan membuka semua area masjid untuk pelaksanaan salat Jumat, mulai dari lantai satu, lantai dua dan lantai tiga, serta halaman masjid. Di semua area itu, jamaah wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah diatur secara ketat,” jelas Prof Basri.

Hingga diputuskan untuk kembali menggelar salat Jumat, tercatat 12 kali salat Jumat di Masjid Almarkaz ditiadakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel Dewan Masjid Indonesia
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top