Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

70 Persen Ruang Isolasi di Sulut Sudah Terisi Pasien Covid-19

Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Utara terus bertambah menjadi 281 orang pada Rabu (27/5/2020). Seiring dengan penambahan kasus, ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi untuk pasien Covid-19 juga semakin terbatas.
Pasien virus corona/Antara
Pasien virus corona/Antara

Bisnis.com, MANADO--Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Utara terus bertambah menjadi 281 orang pada Rabu (27/5/2020). Seiring dengan penambahan kasus, ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi untuk pasien Covid-19 juga semakin terbatas.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel mengatakan saat ini kapasitas tempat tidur ruang isolasi yang tersebar di rumah sakit rujukan dan penunjang Covid-19 di Sulut mencapai 428 tempat tidur.

"Ruang isolasi kami ada 428 (tempat tidur) yang terisi sudah kurang lebih 70 persen. Jadi ada cadangan 30 persen," ujar Steaven, Rabu (27/5/2020).

Dia menuturkan bahwa hal utama yang perlu diperhatikan saat ini adalah mengatur pertukaran pasien di ruang isolasi agar penggunaan ruang isolasi tidak melebihi kapasitas.

Sebelumnya, Steaven mengatakan bahwa dengan beroperasinya laboratorium real time Polymerase Chain Reaction (PCR) Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado diharapkan dapat meningkatkan kecepatan diagnosa dan kecepatan penentuan status pasien dalam pengawasan (PDP) di Sulut. Sehingga tenaga medis dapat segera memberikan penanganan yang tepat bagi PDP, baik yang meninggal maupun yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut.

"Pertukaran pasien di ruang isolasi juga bisa menjadi lebih cepat sehingga kapasitas ruang isolasi bisa kami pertahankan di level medium, tidak sampai terisi penuh," kata Steaven.

Adapun pada Rabu (27/5/2020), pasien positif Covid-19 di Sulut yang dinyatakan sembuh bertambah dua orang menjadi 38 orang. Sedangkan pasien positif Covid-19 yang meninggal bertambah lima orang menjadi 34 orang. Sehingga total pasien positif yang masih menjalani perawatan masih 209 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper