Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pekerja Bukan Penerima Upah Terima Bantuan Sembako BP Jamsostek

Sebanyak 28.000 paket sembako yang disalurkan di delapan titik yang tersebar di empat provinsi.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  21:26 WIB
Ilustrasi penyerahan santunan BPJS Ketenagakerjaan - Sumber:bpjsketenagakerjaan.go.id
Ilustrasi penyerahan santunan BPJS Ketenagakerjaan - Sumber:bpjsketenagakerjaan.go.id

Bisnis.com, MAKASSAR - BP Jamsostek Kantor Wilayah Sulawesi Maluku kembali menyalurkan bantuan berupa paket sembako. Kalo ini diperuntukkan bagi para pekerja bukan penerima upah. Sebanyak 28.000 paket sembako yang disalurkan di delapan titik yang tersebar di empat provinsi.

Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah Sulawesi Maluku, Toto Suharto menjelaskan bantuan tersebut dilakukan sebagai upaya meringankan beban orang-orang terdampak akibat pandemi virus Corona atau Covid-19. Menurutnya, tak sedikit masyarakat yang pendapatan sehari-harinya menurun atau bahkan kehilangan mata pencaharian.

"Tujuan utama kegiatan ini yaitu membantu saudara-saudara kita para pekerja bukan penerima upah yang kegiatan ekonominya terhenti karena dampak dari Covid-19," ungkap Toto, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Sabtu (23/5/2020).

Secara rinci Toto menjelaskan, bantuan senilai Rp2,8 miliar itu disalurkan ke lima titik di Sulawesi Selatan, dan masing masing-masing satu titik di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara. Selain penyerahan bantuan BP Jamsostek juga melakukan Sosialisasi Tanpa Kontak Fisik atau SAPA ASIK.

Toto mengatakan, ssialisasi yang dilakukan berkaitan dengan empat program BP Jamsostek, Peningkatan Manfaat Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM), seperti yang tercantum pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 tahun 2019.



"Melaluu penyerahan bantuan inu, kami juga ingin memberikan edukasi terkait pentingnya perlindungan jaminan sosial. Sehingga diharapkan saat mereka kembali bekerja, para pelerja bisa segera mendaftarkan dirinya menjadi peserta BP Jamsostek agar dapat tenang dalam bekerja dan memiliki jaminan hari tua," terang Toto.

Dalam upaya bersama melawan Covid-19, melalui program promotif dan preventif, BP Jamsostek juga telah menyalurkan 615 ribu masker, 123 ribu vitamin dan 6.400 APD (Alat Pelindung Diri) kepada masyarakat pekerja, serta bantuan dalam bentuk makan siang untuk pengemudi ojek online yang bekerjasama dengan 150 warteg yang tersebar di DKI Jakarta.

Pada peringatan Hari Buruh (Mayday) 1 Mei yang lalu, BP Jamsostek juga memberikan bantuan paket sembako senilai Rp2,25 Miliar dan APD senilai Rp200 juta kepada serikat buruh, serta bantuan berupa perlindungan JKK dan JKM kepada 1.625 relawan yang terdaftar di BNPB.

Dengan semangat yang sama, Toto Suharto berharap bantuan yang diberikan oleh BP Jamsostek mampu mengurangi beban masyarakat di wilayah Sulawesi Maluku dan membangkitkan semangat serta optimisme mereka dalam menghadapi pandemi ini.

"Yang terpenting mari kita saling menguatkan satu sama lain dan jalani bersama masa-masa sulit ini. Insyaallah kita bisa melalui tantangan ini," ungkap Toto. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjs ketenagakerjaan
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top