Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

16 Tenaga Medis dan Karyawan Faskes di Sulut Terpapar Covid-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara mencatat hingga Kamis (14/5/2020), terdapat 16 tenaga medis dan karyawan di fasilitas kesehatan terpapar virus corona atau Covid-19.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  19:34 WIB
RSUP Prof. Dr. R.D.Kandou, Kota Manado. Foto: Google Maps
RSUP Prof. Dr. R.D.Kandou, Kota Manado. Foto: Google Maps

Bisnis.com, MANADO - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara mencatat hingga Kamis (14/5/2020), terdapat 16 tenaga medis dan karyawan di fasilitas kesehatan terpapar virus corona atau Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel mengatakan bahwa tenaga medis yang terpapar Covid-19 di Sulut terus bertambah. Hari ini terdapat penambahan satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang teridentifikasi sebagai seorang tenaga kesehatan di sebuah fasilitas kesehatan di Kota Manado.

"Dengan penambahan ini membawa total tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 menjadi total empat dokter, enam perawat, dan enam petugas lainnya yang ada di rumah sakit," ujar Steaven, Kamis (14/5/2020).

Dia menduga terpaparnya tenaga medis oleh Covid-19, salah satu kemungkinannya disebabkan oleh penggunaan alat pelindung diri (APD) yang tidak sesuai prosedur atau bisa juga terpapar di luar rumah sakit. Oleh karena itu, ke depan dia berharap agar tenaga medis dapat melakukan prosedur pemeriksaan dan perawatan pasien dengan standar yang ditentukan dan mempertahikan standar APD yang harus dipakai.

"Mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi tenaga kesehatan yang terlapor atau terkonfirmasi positif. Kami sampaikan terima kasih kepada semua tim yang ada di garda ke depan yang walaupun sudah mendengar ada tenaga medis terkonfirmasi positif tapi masih tetap berjuang merawat pasien," kata Steaven.

Adapun hingga hari ini total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut telah mencapai 83 orang. Sedangkan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 30 orang dan yang meninggal sebanyak lima orang. Sehingga jumlah kasus positif yang masih aktif atau dalam perawatan sebanyak 48 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top