Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp4,32 Triliun

Jumlah uang yang disiapkan turun 20,90 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  14:52 WIB
Model memegang uang rupiah kertas, - JIBI/Nurul Hidayat
Model memegang uang rupiah kertas, - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Indonesia Sulawesi Selatan menyiapkan uang tunai Rp4,32 triliun menjelang Lebaran, atau turun 20,90 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso menyatakan penurunan tersebut sejalan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi Sulsel yang terjadi sejak periode awal tahun. Termasuk adanya sejumlah kebijakan yang dibuat pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

"Misalnya saja adanya larangan mudik, pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan pemindahan hari libur bersama dalam rangka lebaran 1441 Hijriah," ungkap Bambang, Rabu (13/5/2020).

Adapun layanan penukaran uang disediakan di 37 loket kantor cabang bank, dibuka 5-20 Mei 2020. BI Sulsel meniadakan layanan kas keliling tahun ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Selama melakukan layanan pada masyarakat, perbankan juga diimbau agar tetap mengacu pada protokol pencegahan Covid-19, di antaranya penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing.

Selain dengan perbankan, guna memastikan ketersediaan uang Rupiah, BI Sulsel juga berkoordinasi dengan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR)

"Kepada dua lembaga itu kami memastikan ketersediaan uang layak edar dan turut mendukung edukasi masyarakat saat bertransaksi dengan uang tunai guna memitigasi penyebaran Covid-19," jelas Bambang.

Di sisi lain, untuk tetap taat pada kebijakan sosial dan physical distancing, masyakarat didorong untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top