Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sulut Masih Kaji Rencana Pengajuan PSBB

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel mengatakan bahwa Pemprov Sulut masih mempertimbangkan sejumlah hal terkait PSBB, salah satunya mengenai luas wilayah yang akan diberlakukan PSBB.
Bandara Sam Ratulangi di Manado/angkasapura.co.id
Bandara Sam Ratulangi di Manado/angkasapura.co.id

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara masih mengkaji rencana pengajuan usul penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka pengendalian Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel mengatakan bahwa Pemprov Sulut masih mempertimbangkan sejumlah hal, salah satunya mengenai luas wilayah yang akan diberlakukan PSBB. Pasalnya, saat ini baru delapan dari 15 kabupaten/kota di Sulut yang terjangkit Covid-19.

"Secara epidemiologi data-datanya sudah siap untuk diajukan PSBB. Kami sudah buat telaah secara lengkap dan akan disampaikan ke pimpinan untuk didiskusikan. Pertanyaan krusialnya adalah seberapa luas PSBB dilakukan. Apakah hanya terbatas di kabupaten/kota yang terdampak atau harus seluruh 15 kabupaten/kota karena yang mengajukan Pemprov," ujar Steaven, Kamis malam (30/4/2020).

Adapun enam kabupaten/kota di Sulut yang ditemukan kasus positif Covid-19, yakni Manado, Bitung, Minahasa Utara, Minahasa, Tomohon, Kepulauan Sangihe, Bolaang Mongondow Utara, dan Kotamobagu.

Pemprov akan melakukan koordinasi lebih lanjut untuk menentukan kabupaten/kota mana yang akan diusulkan untuk PSBB. Selain itu, lanjut Steaven, Pemprov juga memperhitungkan dampak ekonomi ke UMKM ketika PSBB diberlakukan.

"Banyak hal perlu dipertimbangkan untuk PSBB. Ada hal lain, seperti kemampuan keuangan daerah. Jika PSBB dilakukan Pemda harus tanggung biaya seluruh warga. Nah, itu jadi sebuah pertimbangan," kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulut Jemmy Kumendong menambahkan.

Hingga Kamis (30/4/2020), jumlah kasus pasien positif di Sulut kembali bertambah satu orang menjadi 45 kasus. Satu kasus baru tersebut diketahui merupakan seorang pria asal Bolaang Mongondow Utara yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit, namun memiliki kontak erat dengan anggota keluarga yang tiba dari daerah transmisi lokal, Jawa Timur.

Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal di Sulut juga bertambah menjadi empat orang per Kamis (30/4/2020). Sedangkan jumlah pasien sembuh mencapai 14 orang. Sehingga total pasien Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 27 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper