Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Terangi 5 Dusun di Sulawesi Selatan & Sulawesi Barat

Di tengah pandemi virus corona Covid-19, PLN berhasil menyalurkan listrik ke lima dusun di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.
Ilustrasi petugas PLN memasang jaringan listrik./Antara/Muhammad Adimaja
Ilustrasi petugas PLN memasang jaringan listrik./Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) terus berkomitmen melistriki hingga ke pelosok negeri. Di tengah pandemi virus corona Covid-19, PLN berhasil menyalurkan listrik ke lima dusun di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Ismail Deu mengatakan Dusun Kambunong di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar, menjadi salah satu dusun yang menerima aliran listrik.

Untuk melistriki 100 kepala keluarga di Dusun Kambunuong, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 2,78 kilometer sirkuit (kms) dan jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 0,58 kms, serta satu gardu distribusi dengan total kapasitas 160 kiloVolt Ampere (kVA).

Pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke Dusun Kambunong tidak mudah. Lokasinya terpencil dengan akses melewati jalan terjal dan berbatu hingga menyeberangi laut menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembangunannya.

“Pembangunan untuk daerah terpencil seperti Dusun Kambunong ini memang lebih sulit. Jalan terjal hingga menyeberangi laut terkadang membuat tiang tidak bisa dibawa menggunakan kendaraan dan harus dipanggul. Namun, ini sudah menjadi komitmen kami untuk terus berusaha mengaliri listrik ke seluruh pelosok nusantara,” ujarnya melalui siaran pers pada Selasa (28/4/2020).

Dalam proses pembangunannya, PLN tetap memperhatikan protokol Covid-19 dengan memastikan petugas menggunakan sarung tangan, masker, serta menjaga jarak saat bekerja.

Kepala Dusun Kambunong, Sunardi, bersyukur listrik telah masuk ke dusun tersebut. "Kami bahagia karena di tengah keadaan seperti ini, listrik masuk ke dusun kami."

Menurut Sunardi, kehadiran listrik akan sangat bermanfaat dan dia berpendapat ini merupakan salah satu berkah Ramadan.

Selain Dusun Kambunong, satu dusun di Sulbar yang telah menikmati aliran listrik yaitu Saluran, Desa Saludengen, Kecamatan Tompo, Kabupaten Mamuju.

Sementara itu, empat dusun yang mendapatkan listrik dari PLN di Sulsel yaitu Manyaha, Bonto Manai, Maroangin, dan Gori-Gori di Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai.

Untuk melistriki 226 kepala keluarga di seluruh dusun tersebut, PLN total membangun JTM sepanjang 19,65 kms, JTR sepanjang 17,27 kms, dan delapan gardu distribusi dengan total kapasitas 400 kVA.

PLN berharap kehadiran listrik dapat membantu aktivitas dan meningkatkan produktivitas warga, sehingga akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper