Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulawesi Utara Ekspor Pala di Tengah Pandemi Corona

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, bupati, dan wali kota karena daerah ini mampu mengekspor komoditas pala di tengah pandemi Covid-19.
Pohon pala/Ditjenbun Kementan
Pohon pala/Ditjenbun Kementan

Bisnis.com, MANADO – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, bupati, dan wali kota karena daerah ini mampu mengekspor komoditas pala di tengah pandemi Covid-19.

“Saya tadi juga cukup bangga berada di Sulut ini karena ternyata pala kita tetap ekspor hari ini dan itu menuju Amerika Serikat dan negara di Eropa," kata Mentan saat melakukan kunjungan kerja ke Sulut pada Selasa (21/4/2020).

Ada dua negara yang dihentikan sementara ekspor karena dilakukan karantina wilayah (lockdown) yaitu Italia dan India. “Saya patut berterima kasih kepada Pak Gubernur dan kepada para bupati yang cukup aktif memberi dorongan agar kegiatan pertanian bisa berlangsung dengan baik,” lanjutnya

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengapresiasi dukungan Mentan dalam pengembangan sektor pertanian Sulut. “Kita berterima kasih kepada pak Menteri Pertanian yang datang ke Sulut melihat potensi pertanian yang ada di Sulut," ujarnya.

Di tengah situasi saat ini, menurut Gubernur, yang harus diperkuat adalah sandang dan pangan. "Apabila terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan, kita siap karena sandang dan pangan kita kuat."

Oleh karena itu, lanjutnya. berkali-kali di beberapa tempat selama 2 pekan belakangan ini masyarakat diajak menanam dalam rangka menjaga ketahanan pangan 3 bulan ke depan.

Olly juga berharap Kementerian Pertanian membantu penyediaan bibit tanaman pangan di Sulut untuk mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif.

“Mudah-mudahan kita dapat juga bantuan bibit jagung dan bantuan bibit padi karena banyak sekali masyarakat kembali bercocok tanam, kembali ke kampung dan membuka lahan-lahan tidur untuk mempersiapkan pangan di Sulut," ungkap Olly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper