Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Positif Terinfeksi, Begini Cerita Kadis Kesehatan Sulsel Jadi Garda Terdepan Penanganan Covid-19

Tak ada gejala yang terlihat sama sekali. Ichsan bahkan masih terlihat bugar dan semangat menyampaikan informasi terbaru kepada sejumlah wartawan yang ikut tergabung dalam video konferensi itu. Ia juga aktif menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  07:14 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari yang juga merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid/19 Sulsel.
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari yang juga merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid/19 Sulsel.

Bisnis.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari melalui video singkatnya mengonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan postif Corona atau Covid-19. Hal itu menjadi kabar mengejutkan, utamanya bagi kalangan wartawan yang sejak beberapa hari terakhir aktif berinteraksi dengan Ichsan.

Ichsan yang juga merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel beberapa hari ini selalu aktif berkomunikasi dengan wartawan untuk berbagi informasi terbaru terkait perkembangan isu pandemi Covid-19 di Sulsel. Bahkan Ichsan masih menggelar video konferensi bersama wartawan pada Kamis, (26/3/2020) malam.

Tak ada gejala yang terlihat sama sekali. Ichsan bahkan masih terlihat bugar dan semangat menyampaikan informasi terbaru kepada sejumlah wartawan yang ikut tergabung dalam video konferensi itu. Ia juga aktif menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan.

"Saya saat ini dalam keadaan sehat walafiat, tidak demam, batuk, maupun sesak nafas. Berdasarkan pemeriksaan PCR, untuk diagnosis covid pada diri saya hasilnya positif," ungkap Ichsan melalui video berdurasi 2 menit 30 detik yang disebar melalui grup whatsapp, Jumat (27/3/2020) sore.

Dengan tidak adanya gejala, maka Ichsan diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sesuai pertimbangan pihak tenaga kesehatan atau dokter. Pada video tersebut, ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh staf di kantor Dinas Kesehatan maupun di Posko Gugus Percepatan Penanganan Covid-19.

Ichsan meminta kepada seluruh staf dan orang yang pernah kontak langsung dengannya untuk tidak panik dan patuh melakukan physical distancing dengan orang sekitar, sambil tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Jika suatu hari ada timbul gejala, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan," minta Ichsan yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Ikatan Dokter Indonesia wilayah Sulselbar.

Sikap berbesar hati Ichsan untuk mengakui bahwa dirinya positif mengundang apresiasi, dukungan, dan semangat dari sejumlah kalangan. Hal itu, membuktikan bahwa dirinya yang berlatar belakang sebagai dokter umum mampu menjadi garda terdepan dalam melawan Covid-19.

Dengan begitu, orang-orang yang pernah berkontak langsung dengannya bisa segera mengambil langkah antisipasi untuk memeriksakan diri. Ichsan juga berpesan kepada seluruh tim gugus termasuk tim medis untuk tetap semangat dalam menjalankan tugasnya.

"Kita saat ini yang terdepan untuk melakukan pelayanan kesehatan masyarakat. Insyaallah, Allah selalu meridhoi upaya yang kita lakukan. Semoga covid ini cepat berlalu khususnya di Sulawesi Selatan," harap Ichsan. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top