Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sulut Siapkan Laboratorium Pemeriksaan Virus Corona

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tengah menyiapkan laboratorium untuk pemeriksaan virus Corona atau Covid-19.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  08:19 WIB
Ilustrasi/Poster sosialisasi penanganan virus Corona
Ilustrasi/Poster sosialisasi penanganan virus Corona

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tengah menyiapkan laboratorium untuk pemeriksaan virus Corona atau Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steaven Dandel mengatakan bahwa Pemprov Sulut telah menunjuk Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19.

"Penunjukkan sudah ada Balai Teknik Kesehatan Lingkungan. Bangunan sudah ada, alat sudah ada, tenaga juga sudah. Tapi harus ada optimalisasi lingkungan dan peralatan, baru bisa operasional," ujar Steaven di kantor Dinas Kesehatan Sulut, Selasa malam (24/3/2020).

Dia menuturkan untuk membuka laboratorium dengan bio security level 2 bukanlah perkara mudah. Standar ruangan laboratorium memiliki prasyarat yang ketat. Oleh karena itu, proses penyediaan laboratorium tersebut memerlukan waktu.

"Karena yang diolah di situ bakteri, virus, patogen berbahaya. Kalau ditangani gegabah justru laboratorium itu akan jadi sumber penularan," kata Steaven.

"Nah, karena proses begitu pelik sehingga kemudian ketika keluar surat keputusan bukan 1 hari selesai. Ada prasyaratan bangunan, setingan lab yang harus diperbaiki secara cepat tapi dengan prasyarat ketat. Itu yang memakan waktu," katanya menambahkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top