Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelengkapan Operasional Tol Manado - Bitung 20 Km Dimatangkan

PT Jasamarga Manado Bitung tengah mempersiapkan pembukaan operasional ruas tol Manado-Bitung sepanjang 20 kilometer.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MANADO— PT Jasamarga Manado Bitung tengah mempersiapkan pembukaan operasional ruas tol Manado—Bitung sepanjang 20 kilometer.

Direktur Utama Jasamarga Manado Bitung (JMB) George IMP Manurung menjelaskan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan operasional ruas tol Manado—Bitung. Saat ini, tengah dilakukan penyempurnaan sejumlah fasilitas sesuai rekomendasi dari Tim Evaluasi Laik Fungsi lintas kementerian.

“Beberapa yang perlu disempurnakan lagi terkait dengan perambuan, marka jalan, pagar pengaman jalan tol, serta fasilitas peralatan tol di gerbang tol,” jelasnya kepada BisnisSelasa (25/2/2020).

George mengatakan perbaikan tengah berlangsung. Pihaknya menargetkan proses itu dapat rampung dalam dua minggu.

“Mengingat beberapa material perlu waktu pengiriman tetapi kami buat skala prioritas mana yang perlu dilengkapi untuk kebutuhan operasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa rencana panjang jalan tol yang akan segera dioperasikan sepanjang 20 kilometer (km). Jalur itu membentang dari Manado sampai dengan Simpang Susun Kauditan.

“Untuk waktu peresmian masih menunggu informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentunya setelah perbaikan dilakukan dan syarat operasional sudah terpenuhi,” imbuhnya.

Seperti diketahui, jalan tol Manado—Bitung dikelola oleh salah satu anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., JMB. Entitas itu mengelola dua seksi di ruas tersebut yakni Seksi 2A Airmadidi—Danowudu sepanjang 11,50 km, dan Seksi 2B Danowudu—Bitung sepanjang 13,50 km.

Pada 9 Juni 2016, telah ditandatangangi perjanjian pengusaahan jalan tol tol (PPJT) ruas Manado—Bitung. Salah satu poin yang disepakati yakni masa konsesi selama 40 tahun.

Untuk Paket 1 sepanjang 14 km, pengerjaan ruas didukung konsutruksi oleh pemerintah atau viability gap fund (VGF). Pake itu terdiri atas Seksi 1A Manado—Sukur sepanjang 7 km dan Seksi 1B Sukur—Airmadidi sepanjang 7 km.

Selanjutnya, Paket 2 sepanjang 25 km menggunakan dan adari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni JMB. Paket itu terdiri atas dua seksi yakni Seksi 2A Airmadidi—Danowudu sepanjang 11,50 km dan Seksi 2B Danowudu—Bitung sepanjang 13,5 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler