Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kelengkapan Operasional Tol Manado - Bitung 20 Km Dimatangkan

PT Jasamarga Manado Bitung tengah mempersiapkan pembukaan operasional ruas tol Manado-Bitung sepanjang 20 kilometer.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 25 Februari 2020  |  09:55 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MANADO— PT Jasamarga Manado Bitung tengah mempersiapkan pembukaan operasional ruas tol Manado—Bitung sepanjang 20 kilometer.

Direktur Utama Jasamarga Manado Bitung (JMB) George IMP Manurung menjelaskan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan operasional ruas tol Manado—Bitung. Saat ini, tengah dilakukan penyempurnaan sejumlah fasilitas sesuai rekomendasi dari Tim Evaluasi Laik Fungsi lintas kementerian.

“Beberapa yang perlu disempurnakan lagi terkait dengan perambuan, marka jalan, pagar pengaman jalan tol, serta fasilitas peralatan tol di gerbang tol,” jelasnya kepada BisnisSelasa (25/2/2020).

George mengatakan perbaikan tengah berlangsung. Pihaknya menargetkan proses itu dapat rampung dalam dua minggu.

“Mengingat beberapa material perlu waktu pengiriman tetapi kami buat skala prioritas mana yang perlu dilengkapi untuk kebutuhan operasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa rencana panjang jalan tol yang akan segera dioperasikan sepanjang 20 kilometer (km). Jalur itu membentang dari Manado sampai dengan Simpang Susun Kauditan.

“Untuk waktu peresmian masih menunggu informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentunya setelah perbaikan dilakukan dan syarat operasional sudah terpenuhi,” imbuhnya.

Seperti diketahui, jalan tol Manado—Bitung dikelola oleh salah satu anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., JMB. Entitas itu mengelola dua seksi di ruas tersebut yakni Seksi 2A Airmadidi—Danowudu sepanjang 11,50 km, dan Seksi 2B Danowudu—Bitung sepanjang 13,50 km.

Pada 9 Juni 2016, telah ditandatangangi perjanjian pengusaahan jalan tol tol (PPJT) ruas Manado—Bitung. Salah satu poin yang disepakati yakni masa konsesi selama 40 tahun.

Untuk Paket 1 sepanjang 14 km, pengerjaan ruas didukung konsutruksi oleh pemerintah atau viability gap fund (VGF). Pake itu terdiri atas Seksi 1A Manado—Sukur sepanjang 7 km dan Seksi 1B Sukur—Airmadidi sepanjang 7 km.

Selanjutnya, Paket 2 sepanjang 25 km menggunakan dan adari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni JMB. Paket itu terdiri atas dua seksi yakni Seksi 2A Airmadidi—Danowudu sepanjang 11,50 km dan Seksi 2B Danowudu—Bitung sepanjang 13,5 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manado sulut tol manado-bitung
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top