Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT Vale Raih Penghargaan SBA Kategori Business Responsibility and Ethics

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale, IDX: INCO) memenangkan penghargaan  Sustainable Business Awards (SBA) kategori Business Responsibility & Ethics.
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  10:57 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (tengah) dan Director Support Services PT Vale Indonesia Tbk Agus Superiadi (kedua dari kanan) pada acara penerimaan Penghargaan Sustainable Business Awards (SBA) di Jakarta, Jumat (21/2/2020) -  Istimewa
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (tengah) dan Director Support Services PT Vale Indonesia Tbk Agus Superiadi (kedua dari kanan) pada acara penerimaan Penghargaan Sustainable Business Awards (SBA) di Jakarta, Jumat (21/2/2020) - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale, IDX: INCO) memenangkan penghargaan  Sustainable Business Awards (SBA) kategori Business Responsibility & Ethics. PT Vale dinilai sangat layak memenangkan kategori tersebut karena memiliki anti-corruption manual yang mengatur penegakan nilai-nilai anti korupsi dan gratifikasi bagi karyawan dan kebijakan internalnya dalam menjalankan bisnis.

Implementasi tersebut juga ditunjukan melalui adanya pelatihan anti korupsi bagi karyawan dan pemasoknya, membuat prosedur pengawasan internal dan berbagai kebijakan untuk mendukung hal tersebut.

PT Vale juga memiliki Compliance Officer untuk mendukung implementasi kebijakan tersebut disertai dengan pembuatan laporan secara rutin dan berkala tentang Indeks Kinerja Pemasok untuk merekam kualitas, transparansi dan perbaikan yang berkelanjutan antara perusahaan dan pemasok.

Hal-hal tersebut juga dinilai sebagai bentuk implementasi aspek-aspek Sustainable Development Goals (SDGs) dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sebagai poin lain penilaian SBA.

Director Support Services PT Vale Indonesia Tbk Agus Superiadi mengatakan Pencapaian ini merupakan salah satu komitmen yang kuat dari semua lini manajemen dan semangat serta kerja sama tim yang solid dalam menerapkan nilai-nilai SDGs di dalam operasional perusahaan.

“Sejatinya tujuan SDGs juga sejalan dengan misi perusahaan yaitu mengubah sumber daya alam menjadi kemakmuran dan pembangunan yang berkelanjutan. Kami merasa sangat terhormat atas pemberian penghargaan ini,” kata Agus.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada malam puncak SBA Awards, akhir pekan kemarin.

Suharso Monoarfa mengatakan SDGs membuka peluang untuk menciptakan investasi guna memperoleh keuntungan yang lebih besar.

“SDGs adalah peluang bagi pelaku usaha, bukan sebuah beban,” jelas Suharso Monoarfa.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, PT Vale dinobatkan sebagai pemenang untuk seluruh kategori atau Overall Winner selain dua kategori lainnya yakni Terbaik Business Responsibility and Ethics dan Terbaik di Kategori Workforce. Sedangkan 2017 sebagai pemenang di kategori Terbaik Business Responsibility and Ethics. Dilanjutkan kategori Perusahaan dengan Strategi dan Visi Terbaik (2013) dan Perusahaan dengan Manajemen Air Terbaik (2012).

SBA merupakan penghargaan yang diberikan kepada para pelaku usaha dan pemimpin bisnis di Indonesia yang menunjukkan komitmen dan praktik-praktik keberlanjutan dalam 12 aspek penilaian yang kemudian menjadi kategori lomba yakni; Strategi dan Visi, Tenaga Kerja, Komunitas (masyarakat), Pengelolaan Energi, Pengelolaan Air, Produktivitas Limbah dan Material, Perubahan Iklim, Rantai Suplai, Tata Guna Lahan, Keanekaragaman hayati dan Lingkungan, Etika dan Tanggung Jawab Bisnis, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

SBA tahun ke-8 ini diberikan oleh Global Initiatives bekerja sama dengan PricewaterhouseCoopers (PwC), IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development), Union Control dan Kamar Dagang Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vale indonesia tbk SDGs Suharso Monoarfa
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top