Genjot Kunjungan Wisman, Sulsel Siapkan Puluhan Event Wisata

Pemerintah Provinsi Sulsel menggenjot pertumbuhan industri pariwisata dan menargetkan 8 juta kunjungan wisatawan.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  21:34 WIB
Genjot Kunjungan Wisman, Sulsel Siapkan Puluhan Event Wisata
Peserta memacu traktor saat mengikuti lomba balap traktor sawah di Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/2/2020). Ajang lomba dalam rangka hari jadi Kabupaten Takalar yang diikuti 200 peserta dari kalangan petani tersebut melombakan empat kelas diantaranya kelas Kubota 8,5 pk, Yanmar 8,5 PK, umum dan roda empat. - Antara/Abriawan Abhe

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel menggenjot pertumbuhan industri pariwisata dan menargetkan 8 juta kunjungan wisatawan dengan rincian 325.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 7,7 juta kunjungan wisatawan nusantara (wisnus).

Kepala Dinas Pariwisata Sulsel Denny Irawan meyakini event wisata mampu mendongkrak kunjungan wisatawan baik wisman maupun wisnus. Event tersebut dikemas dengan beragam tema dan kegiatan.

Sepanjang Februari ini misalnya, akan digelar Pesta Adat Ma’Gaukang Dg Riolo di Kabupaten Jeneponto. Lalu, pada 12 Februari akan digelar Trail Adventure Luwu, pada 20 Februari ada Parepare Fair dan TP Fest.

Pada 19-21 Februari, Festival Budaya To Berru, kemudian pada tanggal 22 Februari ada Sinjai Culture Carnaval, di hari yang sama juga ada event Parepare Off Road Jelajah Bumi Bj Habibie.

"Tahun 2020 ini ada Sekitar 60 event pariwisata yang akan kami gelar. Dari 60 tadi ini, ada beberapa yang telah ditetapkan sebagai agenda tahunan dan masuk dalam kalender event pariwisata 2020 Wonderful Indonesia," jelas Denny, Rabu (12/2/2020).

Seluruh event yang digelar juga diupayakan untuk digelar secara berkesinambungan agar mampu dipromosikan secara berkelanjutan. Tentunya jika digelar pada tahun mendatang event tersebut akan dikemas dengan konsep yang berbeda tanpa meninggalkan tema inti.

"Tiap tahun kami akan hadirkan kreativitas dan inovasi yang berbeda dari masing-masing event agar ada peningkatan, sehingga wisatawan tertarik untuk berkunjung kembali atau paling tidak bisa dipromosikan di negaranya," jelas Denny.

Selain sejumlah event yang disebutkan Denny, Sulsel juga telah memiliki sejumlah event wisata andalan yang telah masuk dalam kalender event Kementerian Pariwisata. Di antaranya Toraja Internasional Festival (TIF) yang digelar pada 19-21 Juli.

Kemudian, ada Festival Salo Karajae di kota Parepare pada 27 September. Selanjutnya, ada Eight Festival and Forum atau F8 Makassar yang akan dihelat pada 7-11 Oktober. Yang terakhir Festival Phinisi yang akan digelar di Kabupaten Bulukumba pada 14-17 Oktober.

Selain empat unggulan event tersebut, ada juga beberapa event wisata yang bisa dinikmati wisatawan dan telah dilaksanakan sejak tiga tahun terakhir, seperti Beautiful Malino yang akan diselenggarakan pada 17-19 Juli, Toraja Marathon pada 18 April, dan Festival Kemilau Toraja pada 1-31 Desember. (K36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, sulsel

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top