Pelabuhan Gorontalo Siap Terapkan Inaportnet

Pelabuhan Gorontalo akan menerapkan aplikasi Inaportnet pada 2020 untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat sesuai dengan prorgram prioritas Pemerintah Provinsi Gorontalo.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  15:12 WIB
Pelabuhan Gorontalo Siap Terapkan Inaportnet
Sejumlah penumpang antre untuk menaiki KM Sangiang di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo. - Antara

Bisnis.com,MANADO— Pelabuhan Gorontalo akan menerapkan aplikasi Inaportnet pada 2020 untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat sesuai dengan prorgram prioritas Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Inaportnet merupakan sistem informasi layanan tunggal elektronik berbasis internet yang mengintegrasikan aplikasi di bidang kepelabuhanan dalam pelayanan kapal dan barang dari seluruh instansi terkait. Hal yang tercakup di dalam platform itu yakni layanan Badan Usaha Pelabuhan (BUP), pergerakan perusahaan bongkar muat (PBM), jasa pengurusan transportasi (JPT), dan terminal operator.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Gorontalo bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Gorontalo berencana menerapkan aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Gorontalo pada 2020. Langkah awal yang dilakukan yakni melakukan sosialisasi awal kepada pemangku kepentingan di pelabuhan.

Kepala Bidang Pelayaran, Penerbangan dan Perkeretaapian Dishub Gorontalo Abdul Munir mengimbau kepada pengusaha JPT dan PBM segera menyesuaikan dengan ketentuan yang ada. Salah satunya melalukan registrasi ulang melalui online single submission (OSS).

“[Ketentuan] menjadi anggota asosiasi logistik dan forwarder Indonesia [ALFI] Provinsi Gorontalo untuk pengusaha JPT dan melapor di Kantor Otoritas Pelabuhan,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (12/2/2020).

Abdul berharap penerapan aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Gorontalo dapat mengubah proses layanan kapal dan barang. Sebelumnya, pelayanan dilakukan secara manual.

[Dengan diterapkannya aplikasi Inaportnet] kini dapat diproses secara terintegrasi, transparan, dan akuntable sehingga berdampak kepada peningkatan ekonomi daerah dan daya saing global,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sulut

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top