Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Nurdin Klaim Bawang Putih Ada, Bulog Sebut Stok Kosong

Disdag Sulsel akan menginventarisir importir dan distributor apakah masih ada cadangan atau tidak.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  16:35 WIB
Pedagang membawa karung berisi bawang putih yang akan dijual di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (5/2/2020). - Antara/Abriawan Abhe
Pedagang membawa karung berisi bawang putih yang akan dijual di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (5/2/2020). - Antara/Abriawan Abhe

Bisnis.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menampik adanya kenaikan harga bawang putih di pasaran.

Nurdin bahkan menyebut, stok bawang putih masih tersedia di sejumlah pasar tradisional. Jika pun ada kenaikan harga, itu hanya terjadi di beberapa tempat.

Menurut Nurdin, kenaikan harga bawang putih itu imbas dari isu wabah virus Corona dari China - pemasok terbesar untuk komoditi bawang putih.

"Stok masih aman kok. Harga juga demikian. Ini karena kebutuhan kita terlalu bergantung pada impor, padahal kita bisa produksi sendiri," ungkap Nurdin, Selasa (11/2/2020).

Nurdin menjelaskan, untuk mengantisipasi kelangkaan bawang putih, maka perlu dilakukan dorongan produksi dalam negeri. Menurutnya, Sulsel merupakan salah satu daerah potensial untuk mengembangkan komoditas tersebut.

Sementara itu, Kepala Divre Bulog Sulselbar M Attar Rizal mengakui saat ini stok bawang putih sudah tidak ada lagi di Bulog. Ia mengatakan, agar stok bawang putih tetap terjaga, pihaknya bersama Dinas Perdagangan Sulsel akan menginventarisir importir dan distributor apakah masih memiliki cadangan atau tidak.

"Bawang putih saat ini memang tidak ada, dan kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan Disdag Sulsel katanya akan menginventarisir importir dan distributor apakah masih ada cadangan atau tidak," terang Attar Rizal.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bisnis di beberapa pasar tradisional di Makassar harga bawang putih bahkan melonjak hingga 100%. Di Pasar Pabaeng-baeng misalnya, sejak awal pekan ini harga bawang putih mencapai Rp51.700 per kilogram dari harga normal sebelumnya Rp25.000 per kilogram. (K36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel Bawang Putih
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top