Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sulut Dukung Program Penyelamatan Danau Tondano

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyatakan akan mendukung program penyelamatan Danau Tondano yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 27 Januari 2020  |  18:37 WIB
Danau Tondano di Sulawesi Utara - Antara
Danau Tondano di Sulawesi Utara - Antara

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyatakan akan mendukung program penyelamatan Danau Tondano yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, disaksikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan jajarannya, melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Minahasa, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano, Senin (27/1/2020).

Dilansir dalam situs resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Olly mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut akan mendukung program penyelamatan Danau Tondano. Rangkaian kegiatan itu menurutnya akan berlangsung sepanjang 2020.

Dia menyebut program Pemkab Minahasa itu bertujuan membersihkan Danau Tondano dari eceng gondok. Langkah itu ditempuh dengan dukungan peralatan yang memadai.

“Kiranya ini akan terus berjalan dan berkelanjutan, saya berharap dalam dua tahun bisa tuntas," ujar Olly dilansir dari laman resmi Pemkab Minahasa, Senin (27/1/2020).

Berdasarkan pemberitaan Bisnis sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Danau Tondano merupakan salah satu dari 10 danau yang tengah direhabilitasi. Program itu sejaln dengan kondisi danau yang kian kritis.

Luas Danau Tondano menurutnya terus menciut dalam 25 tahun terakhir. Selain itu, area itu juga tertutupi oleh gulma eceng gondok.

Dalam kesempatan itu, Olly juga meminta pemerintah desa di Kabupaten Minahasa untuk meneruskan informasi kepada masyarakat mengenai dugaan virus corona. Menurutnya, kabar terkait masuknya virus itu Bumi Nyiur Melambai tidak benar.

"Kami sudah meminta Menteri Kesehatan datang mengecek langsung dan ternyata tidak terbukti, pasien itu negatif corona," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Apdesi Kabupaten Minahasa Johny Sumanti menyatakan akan tetap bersinergi dan setia kepada atasan. Tujuannya, agar Minahasa menjadi lebih maju dan hebat seperti yang diharapkan oleh masyarakat.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengharapkan jajaran DPC Apdesi yang dilantik akan melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya. Hal itu sesuai dengan kepercayaan yang telah diberikan kepada mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulawesi utara
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top