Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sulut Bakal Kolaborasi dengan UNDP Bangun PLTS

Provinsi Sulawesi Utara berencana membangun pembangkit listrik tenaga surya di pulau-pulau kecil Bumi Nyiur Melambai berkolaborasi dengan Program Pembangunan Bangsa Bangsa atau United Nations Development Program.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 16 Januari 2020  |  18:04 WIB
Ilustrasi Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) - ANTARA / Prasetia Fauzani
Ilustrasi Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) - ANTARA / Prasetia Fauzani

Bisnis.com,MANADO— Provinsi Sulawesi Utara berencana membangun pembangkit listrik tenaga surya di pulau-pulau kecil Bumi Nyiur Melambai berkolaborasi dengan Program Pembangunan Bangsa Bangsa atau United Nations Development Program.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Utara (Sulut) Jenny Karouw mengungkapkan adanya rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di pulau-pulau . Dalam program itu, Pemerintah Provinsi Bumi Nyiur Melambai akan bekerja sama dengan Program Pembangunan Bangsa Bangsa atau United Nations Development Program (UNDP).

Jenny menyebut saat ini tengah dilakukan penyusunan feasibility study (FS) oleh UNDP. Nantinya, kapasitas PLTS yang dibangun akan disesuaikan dengan hasil kajian.

“Mudah-mudahan bulan Februari [hasil FS] telah selesai,” jelasnya kepada Bisnis, Kamis (16/1/2020).

Dia mengungkapkan UNDP juga telah meneken nota kesepahaman dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo atau Bank SulutGo. Hal itu menurutnya terkait pembiayaan fisik ketika FS selesai dikerjakan.

Di lain pihak, Kepala Lab Manajemen/Koordinator International Business Administration (IBA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi Joy Elly Tulung menilai penggunaan PLTS di pulau-pulau kecil Sulut akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat. Pihaknya meyakini program itu akan berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat.

“Pulau-pulau kecil yang ada di perbatasan atau tertinggal, terdepan, dan terluar [3T],” jelasnya.

Joy menyarankan agar Bappeda Sulut merencanakan dengan matang rencana pembangunan PLTS di pulau-pulau kecil. Selain itu, harus diperjelas terkait penganggaran di satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit listrik plts undp sulut
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top