Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Arah Pengembangan Transportasi Sulut pada 2020

Provinsi Sulawesi Utara akan mengembangkan dan memantapkan sistem jaringan transportasi di Bumi Nyiur Melambai pada 2020 sesuai dengan arah pengembangan yang telah disusun.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 15 Januari 2020  |  14:44 WIB
Suasana jalan tol Manado-Bitung dengan latar belakang Gunung Klabat, gunung tertinggi di Sulawesi Utara. Pemprov Sulut memantapkan sistem jaringan transportasi di Bumi Nyiur Melambai pada 2020  - Bisnis/Lukas Hendra
Suasana jalan tol Manado-Bitung dengan latar belakang Gunung Klabat, gunung tertinggi di Sulawesi Utara. Pemprov Sulut memantapkan sistem jaringan transportasi di Bumi Nyiur Melambai pada 2020 - Bisnis/Lukas Hendra

Bisnis.com, MANADO — Provinsi Sulawesi Utara akan mengembangkan dan memantapkan sistem jaringan transportasi di Bumi Nyiur Melambai pada 2020 sesuai dengan arah pengembangan yang telah disusun.

Dinas Perhubungan Daerah (Dishubda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Kepala Bidang Pengembangan Sistem Transportasi Jeffry Worang mengungkapkan arah pengembangan transportasi pada 2020 sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Selain itu, program yang disusun juga berdasarkan hasil sinkronisasi dengan Kementerian Perhubungan dan para pemangku kepentingan badan usaha milik negara (BUMN) di sektor perhubungan.

Jeffry menjelaskan bahwa pengembangan transportasi di Sulut tahun ini bertujuan untuk mengembangkan dan memantapkan sistem jaringan transportasi internasional, nasional, regional, dan lokal. Hal itu, menurutnya, berlaku baik bagi penumpang maupun barang.

“Sistem jaringan transportasi menghubungkan antar pusat produksi pariwisata, kelautan, perikanan, dan pertanian dengan pusat kegiatan strategis nasional, pusat kegiatan wilayah, dan pusat kegiatan lokal di Sulut,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (15/1/2020)

Secara detail, dia membeberkan pengembangan sektor transportasi darat ditujukan kepada pemenuhan perlengkapan jalan dan penyediaan prasarana dan sarana di jalan nasional, provinsi, dan kabupaten atau kota. Selain itu, Sulut memiliki program pengembangan perkeretan yang tengah dalam proses pemenuhan dokumen-dokumen pembangunan.

Selanjutnya, untuk sektor transportasi laut, ditujukan kepada pemenuhan kepelabuhanan. Beberapa proyek yakni lanjutan pembangunan international hub port Bitung, Manado Marine Bay, dan pengembangan Pelabuhan Likupang, serta pelabuhan lokal dan regional di tingkat kabupaten atau kota.

“Pembangunan dermaga-dermaga plensengan di kawasan Managabata sebagai pusat kegiatan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus [KEK] pariwisata Likupang yang sudah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah [PP],” jelasnya.

Adapun, Jeffry menyebut sektor transportasi udara juga dikembangkan oleh Bumi Nyiur Melambai pada 2020. Beberapa proyek yang dikerjakan yakni lanjutan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Siau, Bandara Lolak, dan pembangunan terminal baru di Bandara Sam Ratulangi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi sulut
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top