Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Natal dan Tahun Baru: Penumpang Kapal di Sulut Diprediksi Melonjak, Cuaca Buruk Mengintai

Jumlah penumpang angkutan laut di Provinsi Sulawesi Utara diprediksi akan melonjak tajam pada periode perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
Boulevard di Manado Sulawesi Utara/Indonesia.Travel
Boulevard di Manado Sulawesi Utara/Indonesia.Travel

Bisnis.com, MANADO - Jumlah penumpang angkutan laut di Provinsi Sulawesi Utara diprediksi akan melonjak tajam pada periode perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Lynda Watania mengatakan jumlah penumpang angkutan laut dipastikan akan melonjak. Pasalnya, masyarakat yang berasal dari wilayah seperti Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan kembali dari kota ke kampung halaman untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Prediksi kami angkutan laut memegang peranan tertinggi [untuk jumlah angka penumpang],” ujarnya di Kota Manado, Kamis (12/12/2019).

Terkait dengan antisipasi kondisi cuaca, Lynda meminta kepada seluruh pihak terkait untuk mempersiapkan antisipasi. Apalagi, jalur transportasi laut sangat berkait dengan kondisi cuaca.

“Distrik Navigasi akan bekerja lebih optimal lagi jadi semua harus dikerahkan karena biasanya Desember cuaca buruk,” tuturnya.

Selain jalur transportasi laut, dia juga mengingatkan persiapan angkutan udara. Pasalnya, akan banyak masyarakat asal Bumi Nyiur Melambai yang akan kembali untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Angkutan udara tidak boleh diabaikan jadi kami tetap melakukan persiapan,” imbuhnya.

Secara umum, Lynda mengklaim persiapan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 terus dilakukan oleh para pemangku kepentingan terkait mulai dari Kementerian, Pemerintah Daerah, dan BUMN. Saat ini, menurutnya belum terjadi lonjakkan jumlah penumpang di wilayah Sulut.

“Kalaupun ada lonjakan itu sudah dipersiapkan oleh teman-teman. Secara umum, persiapan angkutan Natal 2019 di Sulut cukup memadai,” paparnya.

Untuk kesiapan sarana dan prasarana periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Dinas Perhubungan Provinsi Sulut melaporkan tersedia 14 buah terminal dan 1.621 unit untuk transportasi darat. Sementara itu, tersedia 4 buah bandara dan 27 unit armada.

Adapun, tersedia 29 buah pelabuhan laut dan 27 unit armada serta 12 buah pelabuhan penyebrangan dan 8 unit armada untuk transportasi laut dan penyebrangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler