Wings Air Operasikan Kembali 5 Rute dari Manado, Ini Dampaknya

Pengoperasian kembali lima rute penerbangan maskapai Wings Air dari Manado ke sejumlah kota di Sulawesi Utara dan Maluku Utara diyakini akan mendongkrak jumlah pesawat dan penumpang yang datang ke Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 02 Desember 2019  |  17:29 WIB
Wings Air Operasikan Kembali 5 Rute dari Manado, Ini Dampaknya
Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado - samratulangi/airport.com

Bisnis.com, MANADO - Pengoperasian kembali lima rute penerbangan maskapai Wings Air dari Manado ke sejumlah kota di Sulawesi Utara dan Maluku Utara diyakini akan mendongkrak jumlah pesawat dan penumpang yang datang ke Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara, jumlah pesawat yang datang ke Bandara Sam Ratulangi sebanyak 880 unit pada Oktober 2019. Jumlah itu turun 25,23 persen dibandingkan dengan periode September 2019.

Sementara itu, jumlah pesawat yang berangkat dari Bandara Sam Ratulangi sebanyak 878 unit pada Oktober 2019. Posisi itu juga tergerus 25,97 persen dibandingkan dengan periode September 2019.

Dari sisi jumlah penumpang jasa angkutan udara, tercatat sebanyak 187.770 orang pada Oktober 2019. Jumlah itu terdiri atas 93.749 orang diberangkatkan dan 94.021 orang datang.

Kepala Badan Pusat Satistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ateng Hartono mengatakan penurunan akibat keputusan maskapai Wings Air yang menutup sejumlah rute penerbangan dari Manado pada 3 Oktober 2019. Akibatnya, jumlah angkutan udara yang datang dan pergi dari Bandara Sam Ratulangi menurun pada Oktober 2019.

Kendati demikian, lanjut dia, kini maskapai bagian dari Lion Group Air itu telah mengoperasikan kembali penerbangan dari Manado ke lima destinasi. Pihaknya meyakini keputusan itu akan berdampak positif terhadap jumlah angkutan pesawat dan penumpang yang datang dan pergi dari Bumi Nyiur Melambai.

“Mudah-mudahan ini menjadi angin segar karena sudah dibuka kembali pada Desember khususnya untuk perayaan natal sehingga jumlah pesawat dan penumpang mengalami peningkatan,” jelasnya, Senin (2/12/2019).

Sebelumnya, Wings Air mengumumkan akan mengoperasikan kembali atau reoperate penerbangan dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara ke tiga kota tujuan yang ada di Bumi Nyiur Melambai mulai 1 Desember 2019.

Perseroan sebelumnya menutup rute penerbangan dari Manado ke Bandar Udara (Bandara) Naha, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), Bandara Miangas, Pulau Miangas, Sulut, dan Bandara Melonguane, Kabupaten Talaud, Sulut, pada 3 Oktober 2019. 

Terhitung mulai 1 Desember 2019, Wings Air kembali akan melayani penerbangan ke tiga pulau tersebut.  Untuk rute Manado—Tahuna akan dilayani satu kali setiap hari untuk penerbangan pergi pulang (PP).

Selanjutnya, rute Manado—Melonguane dilayani satu kali PP pada Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu. Adapun, rute Manado—Melonguane—Miangas PP dilayani satu kali dalam sepekan.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro mengklaim perseroan terus berupaya memaksimalkan pelayanana kepada masyarakat, khususnya di wilayah Sulut dan Maluku Utara (Malut). Hal itu juga bagi para wisatawan dan pebisnis dari berbagai daerah.

“Wings Air berharap beroperasinya kembali [5 jalur tersebut] dapat mengakomodisasi permintaan perjalanan udara serta menyediakan kebutuhan liburan akhir tahun dengan nilai lebih yang mampu memperpendek jarak, mempersingkat waktu tempuh menjadi relatif singkat, sehingga efektif dan efisien,” ujarnya.

Selain mengoperasikan kembali tiga rute penerbangan dari Manado ke wilayah Sulut, Wings Air juga mengoperasikan kembali dua rute yang sebelumnya sempat ditutup yakni Manado— Bandara Kuabang, Kabupaten Halmahera Utara, Malut dan Manado—Bandara Leo Wattimena, Kabupaten Morotai, Malut.

Danang mengatakan akan terus berkomitmen menciptakan interkonektivitas dan memudahkan para pelancong menjangkau berbagai daerah berbasis kepuluan. Langkah itu juga sejalan dengan upaya meningkatkan serta pemerataan pertumbuhan perekonomian.

“Wings Air juga mendukung program pemerintah pengembangan pariwisata, terutama 10 Bali Baru dan Lima Super Prioritas. Wilayah Malut terdapat objek wisata yang dijadikan destinasi favorit, yakni Morotai yang masuk dalam 10 Bali Baru,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penerbangan, manado, sulut

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top