Gorontalo Dukung Pengembangan Pelabuhan Anggrek dengan KPBU

Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung rencana Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan Pelabuhan Anggrek dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 13 November 2019  |  17:22 WIB
Gorontalo Dukung Pengembangan Pelabuhan Anggrek dengan KPBU
Ilustrasi Pelabuhan di Gorontalo - ANTARA/Adiwinata Solihin

Bisnis.com, MANADO— Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung rencana Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan Pelabuhan Anggrek dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan pembangunan infrastruktur, khususnya pelabuhan, sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, fasilitas itu dapat memicu pergerakan arus barang dan orang.

Darda memproyeksikan efek pengganda atau multiplier effect akan terjadi dengan pembangunan Pelabihan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara. Menuurtnya, ekspor dan akses perekonomian akan menjadi lebih cepat.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, lanjut dia, menyambut rencana kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang diusulkan oleh Kementerian Perhubungan. 

“Pemprov Gorontalo sangat mendukung ini dan berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut karena sudah menindaklanjuti  rencana induk pelabuhan nasional,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (13/11/2019).

Darda mengharapkan pembangunan Pelabuhan Anggrek dapat lebih cepat. Selain itu, pihaknya menginginkan pelaku usaha di Gorontalo berperan aktif dan menjadi pelaku utama dalam pembangunan dengan menggunakan skema KPBU.

Pihaknya menambahkan skema KPBU untuk pengembangan pelabuhan pertama kali dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Oleh karena itu, skema pembangunan Pelabuhan Anggrek diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelabuhan, gorontalo

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top