Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sektor Hotel dan Restoran Topang Investasi Sulsel Triwulan III/2019

Sektor tersebut bertengger pada posisi pertama dengan kontribusi sebesar Rp410 miliar.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 11 November 2019  |  17:12 WIB
Benteng Ujung Pandang atau benteng Rotterdam terlihat dari udara, Jumat (18/10). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Benteng Ujung Pandang atau benteng Rotterdam terlihat dari udara, Jumat (18/10). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulsel mencatat pada triwulan III/2019 sektor perhotelan dan restoran berkontribusi paling besar terhadap realisasi investasi Sulsel.

Sektor tersebut bertengger pada posisi pertama dengan kontribusi sebesar Rp410 miliar. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel Anggiat Sinaga menerangkan pada 2019 ini pertumbuhan industri perhotelan maupun restoran memang menunjukkan geliat yang signifikan. Bertambahnya pemain baru di sektor tersebut menurut Anggiat menjadi salah satu pemicunya.

"Tahun ini, trennya memang menggeliat. Sulsel kedatangan banyak pemain baru di industri hotel dan restoran," ungkap Anggiat, Senin (11/9/2019).

Selain sektor hotel dan restoran terdapat empat sektor usaha lain yang juga memberi kontribusi besar terhadap nilai investasi Sulsel di antaranya sektor listrik, gas dan air sebesar Rp360 miliar, sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran Rp142 miliar, sektor industri makanan Rp141 miliar, sektor jasa lainnya Rp111 miliar.

Kepala DPMTSP AM Yamin menyebutkan khusus untuk triwulan III/2019, realisasi investasi Sulsel mencapai Rp1,42 triliun. Nilai tersebut merupakan akumulasi pencapaian investasi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

"Secara total, realisasi investasi Sulsel sepanjang 2019 yaitu mencapai Rp5,724 triliun atau sekitar 43,96% dari target investasi pada 2019 sebesar Rp13,02 triliun," ungkap Yamin.

Kendati masih mengalami perlambatan, Yamin mengaku optimistis, akselerasi investasi Sulsel bakal terjadi menjelang triwulan IV/2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top